oleh

Perhatikan Ini Jika Menggunakan Obat Fumigasi Tablet Fumiphos

-Fumigasi-127 views

ARTIKEL-PORTAL.NET – Dalam penggunaan Obat Fumigasi Tablet Fumiphos 56 TB perlu kewaspadaan dan perhatian ekstra, sebab kandungan asap yang keluar pada obat fumiphos bisa berdampak buruk bagi kesehatan jika dihirup dalam jangka panjang.

Fumiphos yang merupakan obat insektisida pembasmi hama ini memang sangat ampuh dalam memberantas hama seperti kutu beras, kutu jagung dan komoditi biji – bijian lain, bahkan fumiphos juga mampu membasmi hama yang sudah kebal sekalipun atau hama resisten.

Hal yang Perlu Di Waspadai Saat Proses Fumigasi Menggunakan Fumiphos

Sebelum anda melakukan proses fumigasi dengan menggunakan obat fumigan tablet fumiphos, sebaiknya anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Lakukan fumigasi menggunakan fumiphos di ruangan lain yang terpisah dari ruang tidur, hal ini dikarenakan asap yang keluar dari obat fumiphos berbahaya bagi manusia jika dihirup dalam jangka panjang.
  • Buka pintu – pintu utama ataupun jendela atau ventilasi lain agar sirkulasi udara pada ruangan yang di lakukan fumigasi bisa bebas.
  • Jauhkan dari jangkauan anak – anak agar tidak tersentuh dan tertelan.

Yang paling penting pada saat fumigasi menggunakan obat fumigan tablet fumiphos ini adalah memisahkan antara tempat fumigasi dan tempat istirahat, sebaiknya berikan jarak yang cukup agar asap dari obat tablet fumiphos ini tidak terhirup.

Cara Melakukan Fumigasi Di Gudang Pangan Menggunakan Fumiphos

Untuk proses fumigasi menggunakan Obat Fumigasi Tablet Fumiphos 56 TB di gudang pangan, sebaiknya Anda memperhatikan cara penggunaannya berikut ini:

  1. Tutup Tumpukkan karung di gudang menggunakan plastik sungkup yang digunakan khusus untuk fumigasi atau plastik yang tebal lainnya.
  2. Pehatikan kondisi dari plastik jangan biarkan ada lubang dan celah agar proses obat bisa lebih efektif.
  3. Jaga area tempat tertumpuknya karung agar selalu kering, tidak basah maupun lembap.
  4. Letakkan Obat Fumigasi Tablet Fumiphos di sela – sela dari tumpukan karung serta letakkan juga di dasar atau palet tumpukan karung, berikan jarak kurang lebih 1 meter antar titik.
  5. Tiap titik yang diberi jarak tadi dapat Anda berikan sekitar 2 hingga 3 tablet obat fumiphos.
  6. Simpan fumiphos menggunakan wadah agar abu yang dihasilkan dari pelepasan gas tidak tercecer. Obat fumigasi Fumiphos akan menjadi gas fosfin dalam waktu 3×24 jam. Gas ini nantinya akan menembus masuk ke dalam karung dan mematikan kutu yang ada didalamnya.
  7. Tunggu sekitar 3 hingga 5 hari, kemudian plastik yang digunakan untuk menutup karung tadi bisa Anda buka / lepas. Jika musim hujan, anda dapat menunggu antara 5 sampai 7 hari, hal ini disebabkan suhu ruangan saat musim hujan rendah yang menyebabkan pelepasan gas fosfin menjadi lambat disbanding saat musim panas atau saat gudang dalam kondisi panas.
  8. Untuk tingkat kecepatan tablet fumiphos meluruh menjadi gas fosfin berbeda – beda karena disebabkan oleh tingkat kelembapan dan suhu

Memilih Fumiphos sebagai obat fumigasi tablet yang efektif merupakan langkah yang tepat untuk Anda membasmi hama kutu yang menyerang. Namun perlu diperhatikan persiapan yang matang sebelum memulai proses fumigasi, yang terpenting seperti pemaparan sebelumnya yaitu hindari menghirup asap yang keluar dari obat fumiphos apalagi dalam jangka panjang karena akan memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Jika penggunaan dalam skala besar atau banyak, sebaiknya Anda menggunakan alat pelindung diri saat melakukan fumigasi salah satunya adalah menggunakan Masker Fumigasi Full Vector Mask, agar terhindar dari menghirup bahan kimia atau gas beracun yang keluar dari obat fumigasi.

Demikianlah pembahasan tentang hal yang perlu diwaspadai sebelum menggunakan obat fumigasi tablet fumiphos. Semoga bermanfaat.

Informasi Lainnya