oleh

Manfaat Dan Proses Fumigasi Pada Gudang Pangan

-Fumigasi-103 views

ARTIKEL-PORTAL.NET – Fumigasi merupakan proses pengendalian hama pada gudang penyimpanan bahan makanan yang dilakukan dengan cara pengasapan pestisida bahan kimia yang berupa gas. Tujuan dari fumigasi ini agar hama yang berada digudang dapat mati serta menurunkan populasi pada hama sehingga hama tidak lagi berkembangbiak di dalam gudang penyimpanan, ini dilakukan untuk mengamankan kualitas pada bahan makanan atau komoditi pangan yang akan disimpan di gudang.

Fumigasi dengan menggunakan bahan kimia berupa gas atau pestisida biasanya dikenal dengan sebutan fumigan. Fumigan ialah zat yang digunakan untuk membuat asap beracun dari insektisida yang bisa menguap dengan mudah atau pestisida yang memiliki bahan aktif yang dapat digunakan dalam proses fumigan.

Itulah bagi para petani dalam proses panen hingga ke dalam pengemasan atau yang sudah berbentuk produk dan disimpan digudang penyimpanan maka sebaiknya anda terlebih dahulu melakukan proses fumigasi pada gudang penyimpanan. Ini bertujuan agar hama tidak lagi merusak kualitas pada produk atau pada komoditi pangan dengan melakukan fumigasi dengan begitu sangat mudah untuk mengontrol hama tersebut.

Manfaat fumigasi gudang

Dalam melaksanakan fumigan di gudang penyimpanan memiliki manfaat fumigasi yaitu dengan menggunakan teknik ini dapat dengan cepat dan mudah dalam mengatur stock serta menghemat waktu dan biaya.

Dalam melaksanakan fumigan juga sangat efisien untuk membasmi segala macam jenis hama yang menyerang bahan makanan dan dalam gudang seperti pada beras, tembakau, tepung terigu, serta pada biji-bijian lainnya.

Itulah mengapa sangat diwajibkan untuk anda melakukan fumigan didalam gudang. Selain itu anda juga harus memperhatikan langkah atau proses fumigasi digudang dengan baik dan benar.

Proses fumigasi gudang

Dalam melakukan proses fumigasi digudang penyimpanan yang perlu anda perhatikan adalah memilih bahan kimia atau pestisida yang aman bagi manusia serta di lingkungan. Banyak sekali jenis fumigasi yang digunakan akan tetapi anda juga harus samakan dengan lokasi yang akan difumigasi dan sasaran yang hendak dieliminasi.

Tempat yang akan anda lakukan fumigasi seperti di tempat penyimpanan bahan makanan yang mudah tercemar, oleh karena itu fumigasi yang dibutuhkan yaitu dengan bahan fosfin yang sering digunakannya, seperti senyawa aluminium phosphide atau mangnesium phosphide. Itulah produk yang digunakan khusus untuk penyimpanan bahan makanan.

Proses fumigasi dengan menggunakan bahan aktif sangat efisien dalam membunuh dan memberantas segala macam jenis hama yang menyerang tipe komoditas dimana akan membunuh hama hingga ke telurnya. Inilah proses fumigasi yang bisa anda terapkan berikut ini.

  1. Pastikan tempat untuk melakukan fumigasi harus betul-betul kedap udara atau tertutup rapat agar gas dalam penyemprotan nantinya tidak akan menyebar luas keluar gudang.
  2. Langkah selanjutnya, anda perlu menyemprotkan fumigan yang sudah disiapkan tempatnya untuk melakukan fumigasi, untuk mendapatkan hasil yang optimal pastikan ruangan yang sudah di fumigasi anda perlu memberikan waktu agar fumigasi tersebut dapat menyebar luas secara baik agar hama atau kutu dapat terbunuh.
  3. Jika anda sudah merasa cukup maka tinggalkanlah ruangan yang sudah difumigasi, agar membuka sirkulasi pada gudang untuk jalan keluarnya gas fumigan di ruangan tersebut. Dengan begitu gudang penyimpanan akan aman untuk masuk keluarnya manusia. Jika proses fumigasi telah selesai maka pastinya di gudang penyimpanan sudah mesti bebas dari gas beracun dan bebas pula dari kerusakan hama atau kutu.

Itulah tadi proses fumigasi digudang penyimpanan bahan makan yang bisa anda terapkan untuk membasmi hama atau kutu agar bahan makanan anda terjaga kualitasnya dengan memilih insektisida yang aman dan ampuh untuk membunuh hama atau kutu pada gudang penyimpanan semoga bermanfaat yah.

Informasi Lainnya