oleh

Tips Memilih Kacang Tanah Kualitas Terbaik Serta Cara Simpannya agar Awet

-Pertanian-276 views

Kacang tanah jadi salah satu bahan pangan yang paling banyak digunakan di Indonesia salah satu alasannya karena kandungan manfaat kacang tanah sangat baik untuk tubuh. Tidak jarang orang menyetok kacang untuk penggunaan jangka panjang. Ketahui tips pilih dan cara simpan kacang yang tepat agar kacang bisa digunakan dalam waktu lama.

Cara Memilih Kacang Tanah yang Berkualitas

Pemilihan kacang tanah yang baik akan memberikan pengaruh besar pada hasil pengolahannya nanti. Terlebih pada jenis proses makanan fermentasi kacang maka cara memilih kualitas kacang tanah terbaik merupakan sebuah keharusan. Lalu apa tips memilihnya?

  1. Hindari Kacang Kisut

Hal pertama yang bisa dilakukan yakni menghindari membeli kacang kisut. Kacang kisut atau secara bentuk terlihat kerdil dan mengerut memang biasa dijual dengan harga murah. Bisa juga kacang ini dicampur dalam varietas yang bagus.

  1. Pilih Kacang yang Padat

Pilih juga kacang yang padat. Terkadang kacang yang terlihat utuh ketika dipegang ternyata kopong atau bahkan hanya kulit arinya saja. Hal ini bisa membuat Anda kerja dua kali untuk memisahkan kulit ari dengan kacang utuh.

  1. Perhatikan Permukaan Kacang

Tips ketiga adalah dengan memperhatikan permukaan kacang. Hal ini berlaku untuk pembelian seluruh jenis kacang. Anda dianjurkan untuk membeli kacang dengan permukaan yang utuh. Hindari kemungkinan kontaminasi atau kacang berkualitas buruk dengan permukaan yang tidak utuh.

  1. Perhatikan Apakah Sudah Muncul Kecambah

Tugas Anda adalah memilah kacang jelek agar tidak masuk dalam keranjang pembelian. Anda bisa menghindari pembelian kacang yang sudah mulai tumbuh akar. Selain rasanya kurang enak kemungkinan kacang bisa jadi tumbuh menjadi kecambah.

  1. Cium Bau Kacang

Pemilihan juga bisa dilakukan dengan cara mencium baunya. Hindari pembelian kacang dengan bau pekat atau istilahnya bau tengik. Bau tengik pada kacang bisa jadi indikasi awal bahwa kacang sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Cara Simpan Kacang Tanah Agar Awet

Setelah mendapatkan kacang yang memiliki kualitas terbaik, sekarang saatnya Anda melakukan penyimpanan kacang tersebut agar tetap awet dan tahan lama. Masih bingung bagaimana cara menyimpan kacang tanah yang tepat? Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan namun tidak semua cara efisien dan efektif. Cara di bawah ini bisa diterapkan bagi Anda yang menginginkan kacang awet dan tahan lama.

  1. Pilah Kacang Terlebih Dulu

Cara simpan yang pertama adalah dengan melakukan pemilahan terlebih dahulu. Sudah jadi rahasia umum bahwasanya kacang yang dibeli tidak semuanya memiliki kualitas yang bagus. Bahkan di dalamnya  bisa jadi ada kotoran yang bisa mempercepat pembusukan.

  1. Simpan di Tempat Kering

Selanjutnya simpan di tempat yang kering. Kacang bisa dengan mudah tumbuh menjadi kecambah hanya dalam hitungan hari bahkan jam. Apalagi bila tempat yang disediakan ternyata lembap dan mengandung air. Maka pastikan dulu tempat yang digunakan benar-benar kering.

  1. Jauhkan dari Sumber Bau

Cara simpan kacang yang selanjutnya adalah menjauhkan kacang dari sumber bau. Pernah dengar biji kopi bisa mengurangi bau ruang? Maka itu juga berlaku pada jenis kacang berkeping lainnya. Hindari kacang dari sumber bau agar terhindar dari kemungkinan cepat tengik.

  1. Vakum Kacang

Cara efektif lainnya yang bisa dicoba adalah dengan melakukan vakum pada wadah plastik pembungkus kacang. Plastik yang digunakan umumnya bisa jenis plastik apa saja namun baiknya Anda menggunakan plastik yang lumayan tebal dan transparan.

  1. Simpan di Frezzer

Terakhir, Anda bisa mencoba cara pembekuan. Pembekuan bisa memperlambat laju pertumbuhan organisme hingga menghambat pembusukan. Tidak hanya pada kacang, Anda juga bisa melakukan cara efektif satu ini pada bahan makanan lainnya.

Gunakan tips di atas hingga cara simpan yang telah disebutkan agar stok kacang aman dan awet. Cara efisien di atas bisa jadi langkah awal untuk memaksimalkan hasil hidangan nanti.

Menjaga Gudang Kacang Tanah Dari Serangan Hama

Dalam proses penyimpanan kacang tanah digudang penyimpanan yang dalam skala yang banyak, Anda wajib melakukan pencegahan masalah hama yang menyerang gudang kacang tanah, salah satu hama tersebut adalah hama kutu.

Lakukan tindakan pencegahan atau pemberantasan hama kutu kacang digudang penyimpanan dengan proses fumigasi, salah satu rekomendasi terbaik yaitu dengan menggunakan obat fumigasi yang mengandung karbondioksida atau CO2 di dalam bahan aktifnya selain gas fosfin cair, obat fumigasi tersebut yaitu FUMILIKUID 2 GA.

Informasi Lainnya