oleh

Karakteristik Varietas Unggul, Kandungan Serta Manfaat Pada Kacang Tanah

-Pertanian-271 views

Kacang tanah merupakan komoditas dari kelompok kacang-kacangan yang cukup penting kedua setelah kedelai. Sedikit informasi tentang kacang tanah belakangan ini mengalami kelangkaan, sebab luas lahan panen kacang tanah terus menerus mengalami penurunan.

Kacang tanah mengalami pemasakan di dalam tanah, sebab jika terkena cahaya matahari, proses pemasakan biji akan terganggu.

Dalam pemilihan varietas unggulan kacang tanah sangat berpengaruh dalam nilai jual serta kandungan kacang tanah dan juga manfaatnya. Sebab, kacang tanah dinilai memiliki manfaat yang sangat baik karena kandungan protein dan gizi yang terdapat pada tanaman kacang tanah ini bagus bagi tubuh.

Lantas, bagaimana melihat karakteristik kacang tanah yang menjadi varietas unggul yang dapat menjaga nilai kandungan dan manfaat kacang tanah? Berikut ini adalah penjelasan tentang bagaimana karakteristik untuk menentukan varietas unggulan kacang tanah serta apa saja kandungan dan manfaat kacang tanah bagi tubuh.

Sejarah Pembudidayaan Kacang Tanah Di Indonesia

Asal mulanya, tanaman kacang tanah adalah dari Brasil. Tanaman kacang tanah awal masuk ke Indonesia pada abad 17, ketika pedagang dari Spanyol, China atau portugis membawanya ke Maluku tahun 1597 silam.

Kini, penyebaran budidaya kacang tanah berpusat di pulau Jawa, Sumatera Utara dan Sulawesi. Pembudidayaan kacang tanah cukup masif, karena biji dan bio massanya dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pakan, atau bahan industri.

Kebutuhan akan kacang tanah juga meningkat dari tahun ketahun, namun produksi nasional justru mengalami penurunan. Demi mencukupi kebutuhan kacang tanah, Indonesia mulai mengimpor sekitar 235 ribu ton biji kacang tanah kering per tahun.

Akan tetapi, petani Indonesia sedang berupaya untuk mengurangi impor kacang tanah. Salah satu upaya petani kacang tanah adalah menggunakan varietas unggul sebagai bibit tanam. Untuk menjaga varietas benih unggul kacang tanah dengan memperhatikan sisi penyimpanan benih.

Kita perlu menjaga kualitas benih kacang tanah dengan salah satu caranya melakukan fumigasi benih kacang tanah dengan dwi fungsi sebagai berikut yaitu mematikan atau membasmi hama kutu kacang tanah sampai ke telur kutu, dan juga menjaga kecambah benih agar tidak mati terkena gas fumigasi sehingga pemilihan obat fumigasi yang tepat dan dosisnya pun perlu diperhatikan.

Sekarang bahkan telah hadir obat fumigasi yang mengandung karbondioksida (CO2) di dalam bahan aktifnya selain gas fosfin cair, dengan nama dagang FUMILIKUID 2 GA.

Klasifikasi Kacang Tanah Di Indonesia

Petani Indonesia membudidaya dua jenis kacang tanah, antara lain:

·        Kacang Tanah Tipe Tegak

Kacang tanah tipe ini tumbuhnya lurus, terkadang juga sedikit miring. Buah kacang tanahnya berada di ruas-ruas yang dekat dan serumpun, dengan cepat berbuah dan kemasakannya bersamaan.

·        Kacang Tanah Tipe Menjalar

Kacang tanah tipe menjalar tumbuh kearah samping, dengan batang utama yang lebih panjang. Buahnya berada berdekatan dengan tanah, dan memiliki umur berbuah yang panjang. Tipe menjalar lebih banyak peminatnya karena peluang berhasil panen jauh lebih besar.

Karakteristik Varietas Unggul Kacang Tanah

Seperti ulasan di atas, bahwa Indonesia sedang berinovasi membuat varietas unggul yang tahan terhadap hama. Berikut beberapa karakteristik varietas unggul kacang tanah, antara lain :

  • Memiliki daya hasil yang tinggi
  • Berumur genjah pendek, sekitar 85-90 hari
  • Hasil panen selalu stabil
  • Tahan terhadap bercak daun dan karat
  • Tahan dengan tanah kering maupun tanah becek

Dari ciri-ciri di atas, maka kacang tanah tipe spanish yang banyak peminatnya. Petani lebih memilih untuk menanam varietas spanish karena tahan terhadap penyakit bercak atau karat daun. Yang termasuk ke dalam varietas tipe spanish adalah varietas Kancil, Jerapah, Bison dan Gajah.

Kandungan Kacang Tanah dan Manfaatnya

Kacang tanah mempunyai beberapa kandungan gizi dan manfaat yang baik bagi tubuh, seperti karbohidrat, vitamin A, B, C dan E. Selain itu, kacang tanah juga mengandung zat besi, kalsium, potassium dan serat. Bahkan kandungan protein di dalam kacang tanah lebih baik dari pada kacang kedelai.

Demikian informasi terkait dengan karakteristik varietas unggul pada kacang tanah. Semoga banyak petani yang kembali menanam komoditas kacang tanah, dan mulai berpikir untuk menembus pasar dunia.

Terkait dengan banyaknya manfaat dari kacang tanah yang dapat diperoleh seperti dijabarkan di atas, karena faktor Negara Indonesia sebagai Negara agraris, maka panen dari kacang tanah yang begitu berlimpah perlu disimpan dalam jumlah yang banyak. Disinilah peran PT. Panca Prima Wijaya hadir untuk memberikan solusi bagi penyimpanan kacang tanah yang bermasalah dengan kutu. PT. Panca yang memusatkan bisnisnya pada penyimpanan komoditi pangan seperti beras, jagung, gandum, tepung, biji kopi, tembakau termasuk kacang tanah sering mengalami masalah hama kutu yang tidak dapat dielakkan kehadirannya khususnya saat musim hujan atau perpindahan komoditi dengan pengiriman container.

Kami merekomendasikan perlakuan sanitasi gudang sebagai bentuk perawatan gudang, dan juga fumigasi kacang tanah saat disimpan jangka panjang atau saat ada kiriman antar daerah terlebih antar pulau.

Semoga bermanfaat, ya!

Informasi Lainnya