oleh

Tips Memilih Insektisida untuk Mengatasi Masalah Telur Kutu

Mengatasi masalah telur kutu pada komoditi pangan masih belum cukup dengan cara alami? Anda bisa gunakan insektisida sebagai pilihan untuk membasmi telur hama pada biji-bijian. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bersama, bahwa insektisida merupakan bahan yang digunakan untuk membasmi hama beserta telurnya.

Insektisida ini bersifat beracun terhadap hama serangga. Sehingga mampu mempengaruhi pertumbuhan, pencemaran, perkembangan, serta aktivitas biologis lainnya yang berujung pada kematian hama (serangga) pengganggu komoditas pangan.

Cara Mengatasi Masalah Telur Kutu Komoditas Pangan

Untuk mengatasi masalah telur kutu secara efektif, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan dalam memilih insektisida, di antaranya:

  1. Mampu Mengontrol Telur Kutu dengan Cepat

Mengatasi masalah telur kutu dengan jumlah yang banyak di dalam gudang bukan pekerjaan yang terlalu sulit. Pasalnya, Anda bias menggunakan insektisida serangga yang mampu mengontrol hama dengan cepat dan efektif. Sehingga lebih menghemat waktu dan biaya.

Dengan fumigasi, sangat memungkinkan untuk mengontrol semua fase kehidupan serangga pengganggu komoditi pangan, seperti beras, jagung, kedelai, terigu, sereal, tembakau, benih tanaman, serta biji-bijian. Teknik fumigasi ini juga dapat menjangkau area yang sulit diraih serbuk, semprotan, maupun aerosol. Jadi, telur kutu bias dibasmi secara cepat tanpa memerlukan biaya yang cukup besar.

  1. Merupakan Obat Fumigan dengan Bahan Aktif Aluminium Phosphide

Insektisida berbentuk fumigan yang mengandung Metilbromida atau Sulfuryl fluoride dinilai tidak sesuai dengan komoditas pangan yang langsung berhubungan (dikonsumsi) manusia. Pasalnya, kandungan zat ini dapat mengakibatkan kerusakan kualitas atau keracunan yang mengakibatkan efek jangka panjang pada komoditas pangan yang di-fumigan.

Di samping itu juga mengakibatkan efek samping berkelanjutan pada manusia yang mengkonsumsi bahan pangan tersebut. Oleh karenanya, pilihan fumigan yang cocok untuk fumigasi komoditi pangan adalah obat fumigant dengan bahan aktif Aluminium Phosphide. Salah satunya adalah Fumiphos.

  1. Berbentuk Tablet yang Meluruh Total

Insektisida yang berbentu kserbuk, semprotan, dan aerosol mulai ditinggalkan karena sulit menjangkau semua area. Saat ini, fumigant berbentuk tablet sangat direkomendasikan karena mampu meluruh total ke area komoditas pangan yang ingin di-fumigan.

  1. Sudah Teruji Klinis

Insektisida yang bagus adalah yang sudah melewati Uji Efikasi resmi dari Biotrop Bogor dan PTPN X. Seperti halnya Fumiphos, yang memiliki kualitas sebanding dengan Phostoxin. Selain itu juga lolos uji klinis dari Badan Penelitian dan Pengembangan Bulo yang ketiganya menyatakan bahwa Fumiphos adalah obat kutu paling efektif untuk beras, tembakau, dan palawija.

Keunggulan lainnya adalah, Fumiphos sudah dilengkapi dengan MSDS, COA (Certificate of Analysis), dan terdaftar resmi di Kementerian Pertanian Komisi Pestisida. Di kemasan botolnya juga sudah tercantum kode produksi dan expired date.

  1. Efektif Mengatasi Hama Resisten

Tak hanya efektif mengatasi masalah telur kutu, insektisida yang bagus adalah yang efektif mengatasi hama resisten. Fumiphos sebagai salah satu insektisida terpercaya sudah teruji berhasil mengatasi hama rhyzoperta resisten di gudang – gudang Bulog. Jadi, Anda bisa mencoba mengaplikasikannya pada komoditas pangan di gudang Anda.

Demikian 5 tips memilih insektisida untuk mengatasi telur kutu yang dicurigai ada di komoditas pangan. Kelima tips tersebut juga bias Anda terapkan dalam memilih insektisida untuk mengusir hama serangga yang bersarang di beras, jagung, tembakau, dan biji – bijian lainnya.

Untuk mendapatkan produk Fumiphos yang asli, Anda bias langsung mengunjungi website www.pancaprimawijaya.com. Sebelum menggunakan Fumiphos, jangan lupa cari tahu terlebih dahulu bagaimana panduan dan cara menggunakan obat fumigasi ini.

Informasi Lainnya