oleh

Cara Melindungi Gudang Jagung Dari Kutu

Cara menghilangkan kutu jagung –  kutu seringkali menjadi permasalahan bagi semua pemilik gudang komoditas pangan karena dapat menyebabkan menurunnya kualitas atau mutu komoditas pangan yang disimpannya.

Jagung merupakan salah satu komoditas pangan yang paling sering mengalami permasalahan serangan kutu.

Menghilangkan Kutu Pada Jagung

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kutu jagung yang Artikel Portal telah rangkum dan dapat Anda terapkan agar gudang jagung Anda aman dari serangan kutu jagung.

Pemanenan

Cara menghilangkan kutu jagung yang pertama yaitu dengan menentukan waktu yang tepat untuk memanen jagung. Waktu yang tepat untuk memanen jagung yaitu ketika jagung memiliki kadar air di bawah 14%.

Ketika kadar air di dalam biji jagung mengalami penurunan mencapai 11% yang menunjukkan minimalnya aktivitas pertumbuhan serangga.

Biji jagung yang hangat dan tinggi kadar airnya merupakan kondisi yang sempurna bagi kutu jagung untuk bertumbuh dan mengakibatkan kerusakan. Kutu jagung merupakan serangga dengan laju metabolisme yang bergantung pada temperatur udara. Jika temperatur udara mencapai 80 atau 90 derajat Fahrenheit, waktu generasi kutu jagung dewasa menjadi lebih singkat yaitu hanya dalam waktu empat minggu.

Aerasi

Cara menghilangkan kutu jagung yang kedua yaitu dengan mengatur aerasi pada gudang dengan baik. Aerasi dapat membantu mengontrol temperatur gudang yang dapat memperpanjang periode generasi sampai dua atau tiga bulan. Produsen dapat menekan populasi kutu jagung dengan menjaga suhu di dalam gudang tetap dingin.

Instalasi fan aerasi

Cara menghilangkan kutu jagung yang ketiga yaitu dengan menggunakan alat bantu berupa fan aerasi yang menempel pada termostat yang diletakkan pada dinding luar gudang. Ketika terjadi perubahan suhu antara bagian luar dan dalam gudang, maka fan atau kipas angin tersebut harus digunakan.

Manajemen titik kritis

Cara menghilangkan kutu jagung yang berikutnya yaitu dengan melakukan proses manajemen kritis penyimpanan atau kondisi yang ada di gudang. Penyimpanan biji merupakan bagian produksi tanaman yang paling kritis.

Hampir semua petani sangat waspada terhadap ancaman dari serangga di lahan pertanian maupun setelah komoditas memasuki masa penyimpanan di gudang.

Waktu pengeluaran biji jagung dari gudang untuk dijual juga bervariasi antara petani jagung. Hal ini mengakibatkan adanya variasi pada harga jual biji jagung. Manajemen titik kritis pada penyimpanan jagung di gudang dapat dilakukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor penting atau vital yang mungkin mengancam kualitas dari jagung yang disimpan.

Fumigasi Pada Gudang

Cara menghilangkan kutu jagung yang selanjutnya adalah dengan melakukan fumigasi. Metode ini adalah metode yang paling efektif untuk digunakan pada area gudang atau tempat penyimpanan dengan skala yang besar atau luas.

Fumigasi akan mematikan kutu jagung pada area-area gudang yang tidak terjangkau oleh pengamatan mata. Selain itu, fumigasi juga dapat membunuh larva atau telur kutu jagung yang ada pada karung-karung penyimpanan biji jagung sebelum berhasil menetas dan tumbuh menjadi kutu jagung.

Ketika melakukan fumigasi, pastikan agar area di sekitar gudang atau lokasi yang akan difumigasi telah aman dari kerumunan orang, karena asap atau bahan aktif di dalam obat kutu jagung atau fumigan dapat membahayakan kesehatan manusia.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan kutu jagung khususnya pada lingkungan pergudangan yang seringkali menjadi permasalahan sebagian besar petani atau pemilik gudang jagung yang mengalami kerugian akibat adanya kutu jagung.

Pastikan, juga ketika Anda ingin melakukan fumigasi atau tindakan yang melibatkan bahan kimia berbahaya dalam membasmi kutu jagung diawasi oleh pihak yang telah berpengalaman atau profesional di bidangnya, sehingga dapat menjaga keamanan proses fumigasi.

Informasi Lainnya