oleh

4 Tips Mencegah Kutu Beras Masuk ke Dapur

Agar beras tidak berkutu – Tahukah Anda jika beras yang biasa Anda beli bisa mengalami risiko serangan kutu? Iya betul sekali, beras merupakan komoditas pangan yang mudah sekali mengalami kerusakan atau penurunan kualitasnya akibat kutu beras.

Beras yang dibeli dari pasar atau supermarket biasanya akan segera disimpan di dalam dapur. Namun, sebaiknya Anda perlu membaca penjelasan berikut ini agar beras tidak berkutu dan mengalami perubahan mutu oleh karena adanya kutu beras.

Kutu beras

Agar beras tidak berkutu, maka yang pertama kali perlu Anda ketahui yaitu bagaimana bentuk atau kenampakan dari kutu beras itu sendiri, karena jika Anda belum mengetahui bentuk kutu beras, maka akan sulit untuk mendeteksi apakah beras berkutu atau tidak.

Kutu beras memiliki ciri-ciri berbentuk kecil seperti kumbang dan biasanya memakan tepung, biji, beras, dan kacang-kacangan. Kutu beras dewasa biasanya memiliki ukuran sekitar 3 sampai 4,6 mm dengan moncong yang panjang dan tubuhnya berwarna coklat/hitam serta memiliki empat bercak berwarna jingga/merah pada bagian penutup sayapnya.

Trik agar beras tidak berkutu

Mencegah agar beras tidak berkutu dapat dimulai dari langkah pencegahan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda praktekan agar beras tidak berkutu yang Artikel Portal telah rangkum.

1. Pembersihan dapur

Langkah pertama yang harus dilakukan agar beras tidak berkutu yaitu dengan melakukan sanitasi atau pembersihan dapur. Lingkungan yang kotor dan berantakan akan memicu pertumbuhan kutu beras yang semakin pesat, sehingga penting sekali untuk menjaga kebersihan dapur Anda.

Bersihkan seluruh area yang ada di dapur Anda secara merata terutama pada bagian rak-rak penyimpanan bahan makanan dan bumbu dapur yang mudah ditinggali oleh kotoran hingga serangga berukuran kecil.

Simpanlah bahan-bahan makanan kering di dalam wadah yang tertutup rapat, hal ini akan membantu mencegah dan melindungi bahan pangan dari kutu beras yang dapat masuk kapanpun.

2. Simpan beras di dalam freezer

Cara menyimpan beras di dalam freezer juga akan membantu agar beras tidak berkutu. Suhu freezer yang cukup rendah akan menghambat pertumbuhan kutu beras dan bahkan dapat menyebabkan kematian larva kutu beras.

Anda juga harus memastikan dengan cara mengecek terlebih dahulu apakah beras yang Anda beli dari pasar atau supermarket dalam kondisi yang bersih dan aman dari tanda-tanda adanya kutu beras di dalamnya atau tidak. Hal ini akan membantu agar beras tidak berkutu ketika telah disimpan nantinya.

3. Pembersihan area dapur secara detail

Agar beras tidak berkutu, Anda juga dapat menggunakan alat pembersih ruangan seperti vacuum cleaner untuk membersihkan area yang tidak terjangkau ketika membersihkan dengan menggunakan cara manual.

Anda juga dapat mengelap area rak penyimpanan bahan makanan dengan menggunakan lap basah hangat untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel dan susah lepas.

4. Gunakan insektisida

Penggunaan insektisida juga dapat menjadi opsi ketika membersihkan area dapur agar beras tidak berkutu. Insektisida akan membasmi kutu beras beserta telur atau larvanya dengan lebih efektif, karena adanya bahan aktif yang terkandung di dalamnya.

Ketika Anda menggunakan insektisida untuk membersihkan area dapur, pastikan agar tidak ada orang di sekitar terutama anak kecil yang rentan terhadap bahan kimia karena bahan aktif di dalam insektisida yang bersifat toksik atau beracun dapat mengganggu kesehatan.

Itu dia beberapa trik dan tips yang dapat Anda coba di rumah agar beras tidak berkutu. Anda dapat menyesuaikan langkah-langkah yang akan diterapkan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi dapur Anda.

Informasi Lainnya