oleh

Cara Mengolah Pala Utuh Jadi Pala Bubuk yang Awet Disimpan Lama

Pala jadi salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan bahkan di dunia. Salah satu fungsinya untuk memperlancar peredaran darah. Banyak yang kini berupaya untuk mencari cara pengolahan buah pala menjadi pala bubuk.

Bukan tanpa sebab karena dengan pala bubuk lebih memungkinkan Anda untuk mengolahnya bahkan mencampurnya dalam proses masak. Tidak perlu bingung bila terlanjur membeli pala utuh, Anda bisa mengolahnya sendiri jadi pala bubuk yang awet disimpan lama.

Cara Pengolahan Pala Jadi Pala Bubuk

Tidak perlu susah mencarinya di pala bubuk di pasar atau warung nyatanya Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. Tidak perlu menyesal telah membeli pala utuh karena pala jenis ini bisa diolah sedemikian rupa menjadi pala bubuk dengan aroma yang sedap. Berikut cara mengolah pala mejadi pala bubuk yang Artikel Portal telah rangkum.

  1. Bersihkan Pala

Pertama Anda bisa melakukan pembersihan terhadap pala utuh. Tidak menutup kemungkinan bahwa pala memiliki kotoran yang tidak kasat. Pembersihan dengan cara kering maupun basah bisa dipilih sesuai dengan kebiasaan.

Namun perlu diperhatikan untuk metode cuci basah Anda harus memastikan bahwa pala sudah kering secara keseluruhan saat hendak di proses. Ini dilakukan untuk mempermudah penghalusan pala agar tidak menggumpal.

  1. Pecah Jadi Bagian Kasar

Setelah selesai dengan pembersihan Anda bisa memecah pala jadi beberapa bagian. Teknik cincang kasar bisa dilakukan pada langkah ini. Ini dilakukan agar kerja mesin penghalus lebih efisien dan lebih maksimal hasilnya.

Terlebih bagi Anda yang hendak mengolah pala utuh menjadi pala bubuk dengan cara manual maka proses ini akan sangat amat membantu. Ini juga bisa dilakukan sambil meninjau bagian dalam pala yang akan diproses.

  1. Haluskan dengan Mesin

Langkah lanjutan dalam cara pengolahan pala yakni menghaluskan pala dengan mesin penghalus. Pada dasarnya Anda bisa menggunakan blender namun tentu saja Anda harus bersabar dalam  proses penghalusannya. Tidak ada tuntutan khusus untuk menggunakan mesin.

Bila ingin hasil yang lebih maksimal dengan aroma yang lebih khas Anda bisa melakukan penghalusan secara manual. Menumbuk pala secara manual ternyata benar-benar bisa menjadikan pala bubuk memiliki aroma yang lebih pekat.

  1. Masukan ke Wadah Rapat

Terakhir, masukan ke wadah yang kedap. Ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan kontaminasi air hingga masuknya udara berlebih pada pala bubuk. Cara ini juga efektif membuat olahan pala lebih awet dengan aroma yang sama khasnya.

Keuntungan Mengolah Pala Sendiri

Terbayang betapa malasnya mengolah pala utuh sendiri? Eits, ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari pengolahan jenis ini. Terutama bagi Anda yang sangat peduli akan kebersihan pangan, berikut keuntungan dari mengolah pala sendiri di dalam rumah:

  1. Lebih Higienis

Siapa yang tidak menginginkan makanan yang higienis dengan aroma yang begitu menggoda? Anda tentu bisa mendapatkannya dengan cara mengolah pala sendiri di rumah. Siapa yang tahu bagaimana proses pengolahan pala ala produsen besar.

  1. Lebih Murah

Ternyata pengolahan pala sendiri di rumah bisa menekan biaya pengeluaran. Siapa sangka bahwa pengolahan bisa dihitung lebih murah ketimbang membeli pala bubuk instan. Belum lagi urusan sampah plastik yang juga otomatis dibawa saat membeli pala bubuk instan.

  1. Kandungan Utuh Terjaga

Terakhir, kandungan pala akan lebih utuh terjaga. Tidak menutup kemungkinan bagi produsen pala instan menambahkan unsur lain pada produknya. Ini tentu bisa berpengaruh pada kandungan utuh pada pala. Hindari kemungkinan tersebut dengan cara pengolahan pala sendiri di rumah.

Tidak ada salahnya mengolah pala sendiri. Hasil yang lebih higienis dengan aroma khas masih bisa didapatkan bahkan dalam jangka waktu yang lama.

Informasi Lainnya