oleh

Cara Praktis Simpan Tembakau Agar Aroma dan Kelembapannya Tetap Terjaga

-Tembakau-27 views

Cara simpan tembakau – Anda pasti setuju tembakau yang baik merupakan tembakau beraroma khas dengan tingkat kelembapan yang pas. Tembakau yang terlalu kering justru akan kehilangan aroma dan terlalu mudah terbakar.

Selain bertujuan menjaga aroma khas tembakau, penyimpanan tembakau yang baik dan benar juga bertujuan agar menjaga tembakau dari serangan hama kutu tembakau, karena jika tembakau sudah terlanjur terserang kutu, maka disarankan untuk menggunakan obat kutu tembakau agar masalah hama kutu yang ada pada tembakau bisa diatasi.

Ada cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk tetap menjaga aroma sekaligus kelembapan tembakau. Cara ini bisa digunakan pada tembakau yang masih lembaran atau tembakau yang digunakan untuk melinting. Berikut cara simpan tembakau agar kualitasnya tetap terjaga yang Artikel Portal telah rangkum.

5 Cara Simpan Tembakau

Tembakau memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis daun lainnya. Dengan bentuk yang cukup lebar maka daun ini memiliki sistem kelembapan dengan aromanya yang khas. Berikut yang bisa dilakukan agar tembakau tetap terjaga meski disimpan lama.

  1. Simpan di Wadah Rapat

Penguapan kandungan air alami dalam tembakau atau bako bisa berpengaruh pada aroma khasnya. Apalagi pada bako yang sudah diiris dan siap digunakan sebagai bahan lintingan. Jenis bako ini juga yang banyak dijual di pasar.

Namun untuk mempertahankan aroma dan kelembapan tembakau Anda bisa menyimpannya di wadah yang rapat. Bila tidak memiliki wadah rapat Anda bisa menggunakan plastik zip yang juga bisa menahan kelembapan dari dalam.

  1. Jaga Kelembapan Tembakau

Jaga kelembapan tembakau bisa dilakukan dengan berbagai metode. Selain menggunakan wadah yang rapat Anda juga bisa penyimpan tisu atau spons di bagian dasar wadah. Cara ini sudah banyak digunakan oleh pecinta tembakau.

Pada penyimpanan skala besar maka pelapisan dinding ruang penyimpanan hingga penutupan permukaan daun bisa dilakukan. Cara ini efektif untuk menjaga kelembapan daun bakau hingga aroma khasnya tetap terjaga.

  1. Masukan Potongan Buah agar Lebih Beraroma

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkan potongan buah pada tempat penyimpanan. Ini dilakukan agar tembakau memiliki wangi yang lebih kaya. Apalagi bila Anda pecinta aroma segar khas buah.

Sejak dulu orang biasa memasukkan potongan buah salak hingga kulit jeruk pada tempat penyimpanan bakau. Kini orang juga tidak aneh dengan menyelipkan beberapa potongan buah apel agar aroma bakau lebih kaya.

  1. Percikan Cairan Wangi Favorit

Ingin cara yang lebih cepat dan efektif? Anda bisa memercikkan cairan pewangi atau perasa favorit langsung ke tempat bakau. Bila diinginkan teteskan langsung ke irisan bakau agar aromanya lebih mantap.

Cara ini juga bisa membantu menjaga kelembapan tembakau yang disimpan. Namun yang perlu jadi perhatian yakni dilarang mencampur cairan dengan konsentrasi yang terlalu banyak. Dikhawatirkan bakau menjadi lebih berat, berjamur, busuk bahkan tidak layak digunakan.

  1. Bila Terlanjur Kering Basahi dengan Spray

Cara simpan tembakau terakhir yang bisa dicoba adalah dengan membasahi tembakau dengan air. Ini bisa dilakukan bila tembakau milik Anda terlanjur mengering tanpa sebab yang pasti. Spray air bisa dilakukan dengan alat spray secara menyeluruh.

Gunakan air bersih dan tidak beraroma untuk melakukan penyemprotan pada tembakau. Usahakan tembakau dijejer tidak terlalu padat. Bila tembakau terlihat coklat tua maka hentikan penyemprotan lalu angin anginkan sebentar.

Penting Pilih Tembakau Berkualitas

Selain harus memperhatikan cara simpan yang benar, tidak kalah penting bagi Anda untuk membeli tembakau dengan kualitas terbaik. Ini bisa dilakukan untuk memaksimalkan penyimpanan dalam jangka waktu yang lama.

Untuk tembakau yang sudah dirajang pilihlah yang tidak putus-putus dengan aroma yang khas. Hindari pembelian bakau dengan aroma kering atau bahkan aroma lembap. Ini bisa jadi indikasi awal untuk membeli tembakau berkualitas.

Lakukan cara simpan di atas untuk mempertahankan aroma dan kelembapan tembakau. Jangan lupa untuk membeli tembakau berkualitas baik dan ditempatkan diwadah yang tertutup. Dengan begitu aroma khasnya bisa terjaga maksimal.