oleh

3 Cara Menggunakan Obat Kutu pada Beras

Obat kutu pada beras – Kutu beras seringkali menjadi permasalahan bagi kebanyakan orang yang menyimpan beras dalam waktu yang cukup lama. Kutu beras sendiri dapat menimbulkan permasalahan pada penurunan mutu atau kualitas fisik pada beras.

Meskipundemikian, beras yang sudah terkena kutu beras masih dapat diselamatkan dengan melakukan pengendalian kutu beras dengan bantuan obat kutu beras.

Pengendalian kutu beras

Beras yang telah terserang oleh kutu beras dan masih ingin digunakan, maka harus diberi perlakuan atau perawatan dengan menggunakan bantuan dari obat kutu pada beras.

Tindakan pengendalian kutu pada beras ini harus mengikuti instruksi penggunaan yang ada pada label kemasan obat kutu pada beras dan harus dilakukan dengan menggunakan alat pelindung diri yang lengkap.

Metode terbaik untuk mengusir kutu beras jika terjadi serangan kutu beras pada dapur Anda yaitu dengan melakukan proses pembersihan secara merata ke seluruh area ruangan kemudian gunakan obat kutu pada beras untuk membunuh kutu beras yang masih hidup beserta dengan telur – telurnya juga.

Berikut ini adalah langkah – langkah detail tentang bagaimana cara menggunakan obat kutu beras yang Artikel Portal telah rangkum.

Pembersihan awal dan vakum

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat kutu pada beras yang telah terkena kutu beras, pertama-tama Anda harus mencegah terjadinya serangan kutu beras di kemudian hari setelah obat kutu pada beras digunakan.

Untuk melakukan tindakan pencegahan tersebut, maka Anda harus melakukan tindakan pembersihan awal dan juga vakum ruangan yang ada dengan cermat agar ruangan menjadi lebih bersih dan tidak menimbulkan sarang kutu beras di kemudian hari.

Buanglah atau singkirkanlah barang-barang yang berpotensi menjadi sarang kutu beras seperti bahan – bahan makanan yang kering dan tidak ditutup dengan rapat di wadahnya.

Jika terdapat makanan yang telah terkena oleh kutu beras, sebaiknya buang saja makanan tersebut agar tidak menyebabkan penularan kepada makanan – makanan yang lainnya.

Pastikan agar semua bahan – bahan segar dibersihkan dari sisa – sisa kotoran sebelum kemudian menyimpan beras yang baru.

Gunakan aerosol pirit

Obat pada kutu beras yang dapat digunakan untuk mengusir kutu pada beras yaitu aerosol pirit yang merupakan obat kutu beras yang berbentuk siap digunakan.

Aerosol insektisida digunakan sebagaiagen flushing dan bagus untuk digunakan sebagai pengusir kutu beras pada bagian celah dapur dan lain – lain.

Penggunaan obat kutu pada beras jenis aerosol yaitu dengan cara mengocok kaleng dan kemudian menyemprotkannya sepanjang area yang diinginkan dengan durasi 1 detik per semprotan.

Gunakan alat pelindung diri

Obat pada kutu beras memiliki efek samping yang membahayakan bagi kesehatan maupun fisik. Pastikan Anda menggunakan alat pelindung diri seperti sarung tangan, masker keselamatan, dan pelindung mata ketika menggunakan obat kutu pada beras.

Pencegahan

Obat kutu pada beras bukanlah satu – satunya solusi untuk menghindari adanya kutu pada beras yang disimpan. Cara yang paling ampuh dalam mengatasi kemunculan kutu pada beras adalah dengan cara mencegahnya.

  • Pertama, mulailah melakukan pengecekan terhadap kemasan makanan secara rutin sebelum membelinya. Amatilah kemasan tersebut apakah dalam kondisi yang baik dan tidak terdapat robekan, lubang, atau retakan. Kecacatan sekecil apapun pada kemasan bahan makanan yang dibeli, dapat mengundang masuknya kutu beras kedalamnya.
  • Cobalah untuk melakukan kebiasaan membeli bahan baku atau belanjaan rumah sekali seminggu untuk menghindari terjadinya stok Hal ini akan mencegah Anda menyimpan produk makana nterlalu lama yang dapat meningkatkan risiko terjadinya serangan kutu beras.
  • Gunakan obat kutu pada beras setiap 7 bulan sekali secara berkala sebagai bentuk perlindungan pada beras

Informasi Lainnya