oleh

4 Cara Mudah Yang Efektif Hilangkan Kutu Beras

Kutu beras termasuk ke dalam kategori kumbang kecil yang memakan gandum dan juga beras. Meskipun masalah kutu beras tidak berbahaya, tetapi kutu beras dapat menjadi sangat mengganggu dan juga kutu beras dapat menurunkan kualitas beras.

Hama kutu beras dalam karung  juga tersebar luas diberbagai tempat di dunia. Kerusakan yang ditimbulkan oleh kutu beras ini termasuk berat, bahkan sering dianggap sebagai hama paling merugikan produk pertanian.

Maka dari itu, saat ini sudah banyak yang mencari cara menghilangkan kutu beras dalam karung ataupun yang ada di dalam gudang penyimpanan yang skala besar.

Mengatasi beras kutuan

Bahaya kerusakan yang berasal dari hama kutu beras ada beberapa, mulai dari kerusakan yang bersifat tinggi yang pada keadaan tertentu sehingga kualitas beras menurun.

Dalam berbagai artikel, terdapat beberapa cara yang efektif untuk hilangkan kutu beras dalam karung atau kutu di gudang penyimpanan beras. Cara tersebut dapat melalui cara alami dan juga dengan cara bantuan Insektisida obat kutu beras.

Cara menghilangkan kutu beras di karung

Sebenarnya untuk atasi kutu beras secara alami ada banyak cara yang bisa digunakan sebagai alternatif terbaik yang dapat dilakukan. Cara ini merupakan cara tradisional yang sudah terbukti efektif mengatasi masalah kutu beras.

Beberapa metode yang Artikel Portal rangkum ini, mungkin bisa di coba jika memiliki kutu beras dalam karung yang jumlah sedikit (tidak banyak) bisa mengikuti cara seperti berikut :

  1. Jemur Beras di Bawah Matahari : Cara hilangkan kutu beras dengan metode penjemuran ini termasuk salah satu cara alami yang paling mudah untuk hilangkan kutu beras. Lakukan dengan cara tuang beras yang ada dalam karung ke dalam wadah lebar seperti karpet atau koran, kemudian ratakan secara menyeluwuh. Sebaiknya, Jemur beras di tempat yang terkena sinar matahari, antara pukul 11-14 siang. Beras dapat dijemur selama kurang lebih selama 15 menit atau hingga kutu keluar dari beras.
  2. Gunakan Daun Salam Untuk Mengusir Kutu Beras : Daun salam sangat terjangkau dan bisa di dapat pasar ataupun supermarket. Gunakan beberapa lembar daun salam dan letakkan langsung di dapur atau lemari dapur dan laci. Aroma yang dikeluarkan oleh daun salam berfungsi sebagai cara alami untuk membasmi kutu beras dan juga serangga dapur lainnya.
  3. Penggunaan Cengkeh : Seperti halnya daun salam, aroma cengkeh dapat digunakan untuk menghilangkan kutu beras. Cukup campurkan cengkeh ke dalam butiran beras. Sebenarnya, penggunaan metode cengkeh ini berisiko mengubah rasa dan kualitas beras.
  4. Insektisida Fumigan : Penggunaan insektisida fumigan sendiri, sangat di sarankan penggunaannya untuk kategori beras yang jumlahnya banyak. Biasanya insektisida fumigan digunakan untuk singkirkan kutu beras yang ada dalam gudang penyimpanan. Dengan menggunakan bantuan obat kutu beras, maka masalah hama kutu beras yang ada didalam gudang penyimpanan dapat diatasi dengan cepat dan efektif.

Sebagai tambahan, dalam mengatasi masalah hama kutu beras dengan bantuan insektisida, sebaiknya menggunakan obat kutu beras Silogud. Produk SILOGUD dalam proses insektisida, merupakan cairan yang digunakan untuk sanitasi gudang penyimpanan komoditas pertanian. Bahan fumigasi Metil Pirimifos yang menjadi kandungan aktif produk ini dapat memastikan hasil panen bebas dari hama yang mempengaruhi kualitas serta mutunya, khususnya masalah hama kutu beras.

Penggunaan obat kutu beras fumiphos harus dilakukan secara merata dan menyeluruh baik di dinding, lantai, kemasan penyimpanan, peralatan seperti forklift, dan juga dalam area lingkungan sekitar gudang. Cara bisa yang dilakukan bisa berupa spraying dan juga fogging.

Informasi Lainnya