Ternyata Inilah Cara Ampuh Hilangkan Kutu Beras di Gudang Penyimpanan

Hama Kutu Beras1,012 views

Bagaimana kutu beras masuk ke gudang?

Menghilangkan kutu beras di gudang adalah tantangan bagi para pemilik gudang beras. Sebelum didistribusikan ke pembeli, beras yang diproduksi biasanya akan disimpan di gudang terlebih dulu.

Nah, ketika beras sedang disimpan di gudang, biasanya beras mudah mengalami kerusakan akibat berbagai jenis serangga dan hewan perusak lainnya. Hewan perusak yang paling sering menyerang beras yaitu kutu.

Seperti apa proses masuknya kumbang ini ke gudang beras? Jawabannya karena kumbang gudang beras bisa masuk ke gudang melalui berbagai cara seperti saat proses pemasukan beras ke gudang, saat penyimpanan, dan juga saat beras dikeluarkan dari gudang, sehingga tidak bisa dipastikan secara pasti dari mana sumbernya.

obat kutu beras
Obat Kutu Beras

Dampak negatif

Mencegah dan membasmi kumbang beras gudang menjadi kewajiban dari setiap pemilik gudang komoditas pangan jika gudangnya telah terserang oleh hama satu ini.

Hama yang menyerang gudang beras bisa membawa dampak negatif bagi pemilik gudang dan bahkan bisa sampai membawa kerugian dengan jumlah cukup besar.

Alasannya yaitu dikarenakan kualitas beras yang terserang kutu menjadi rusak dan akibatnya harga jualnya menjadi turun dan beras menjadi tidak laku ketika dijual. Kerugian besar juga bisa terjadi jika Anda memiliki lebih dari satu gudang beras dan tidak dapat mengendalikan persebaran kutu beras yang begitu cepat.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara menghilangkan kutu beras di gudang agar terhindar dari kerugian besar dengan cara yang tepat dalam bersihkan beras berkutu.

Cara menghilangkan kutu beras secara efektif dan praktis

Supaya gudang aman dari serangan hama kutu, setiap pemilik gudang beras wajib memahami cara menghilangkan kutu beras secara efektif dan praktis.

Wajib melakukan sanitasi gudang

Cara menghilangkan kutu beras secara efektif yang pertama ialah melakukan sanitasi gudang. Sanitasi adalah syarat yang harus dipenuhi oleh semua industri pangan dan tidak terkecuali gudang beras yang digunakan untuk menyimpan beras.

Sanitasi gudang beras meliputi menjaga kebersihan area gudang dari berbagai macam kotoran, serangga, dan hama. Jagalah selalu gudang beras dalam kondisi bersih agar dapat terhindar dari kutu beras.

Proses pemuatan dan pengeluaran isi gudang adalah kondisi yang paling berisiko karena dapat mengundang kutu beras keluar dan masuk gudang. Jadi, pastikan agar selalu melakukan sanitasi sebelum dan setelah proses tersebut.

Lakukan fumigasi untuk memusnahkan hama

Sanitasi saja masih belum cukup untuk menghalangi hama seperti kutu beras masuk ke gudang. Apabila kutu beras masih tetap bisa masuk ke gudang, maka perlu dilakukan proses pengontrolan hama yaitu fumigasi.

Fumigasi merupakan proses pengendalian hama gudang yang biasa dilakukan oleh setiap pemilik gudang. Proses ini menggunakan bahan kimia berupa obat hama dan memiliki keefektifan yang tinggi dalam membunuh hama. Anda juga harus tepat dalam memilih obat untuk hilangkan kutu beras yang efektif.

Fumigasi merupakan cara menghilangkan kutu beras di gudang yang berisiko karena menggunakan bahan kimia toksik, sehingga sebaiknya harus dilakukan oleh orang yang profesional dan sudah berpengalaman.

Setelah melakukan fumigasi, proses penghilangan hama gudang beras masih belum selesai karena harus dilakukan pengontrolan terhadap kondisi gudang secara rutin. Pengontrolan bertujuan menghindarkan munculnya kembali hama kutu di dalam gudang beras.

Kesimpulan

Gudang beras merupakan tempat yang sangat rentan mengalami serangan hama seperti kutu. Sebagai bahan makanan pokok, beras sebisa mungkin harus dijaga kebersihan dan keamanannya terutama dari adanya serangan kutu.

Trik dan tips menghilangkan kutu beras di gudang sangat penting bagi beras yang sudah terkena kutu akan mengalami kerusakan dan nilai jualnya akan mengalami penurunan.