oleh

Masker Untuk Fumigasi : Perbedaan Masker Canister vs Masker Filter

-Fumigasi-125 views

Masker  fumigasi digunakan untuk melindungi  para pekerja pada saat melakukan proses fumigasi dari bahan kimia yang bersifat toksik. Bahan kimia yang berasal dari fumigant seperti pestisida atau obat hama lainnya mengandung agen kimia yang dapat membahayakan kesehatan dan mengganggu organ tubuh khususnya saluran pernapasan.

Agar terhindar dari bahaya keracunan bahan toksi ktersebut, para pekerja yang melakukan fumigasi harus mengenakan perlengkapan diri yang dapat melindungi dirinya dari paparan bahan kimia berbahaya tersebut. Perlengkapan diri yang wajib dikenakan oleh para pekerja fumigasi yaitu masker. Berikut tipe masker fumigasi yang Artikel Portal telah rangkum dari berbagai sumber.

Tipe masker untuk fumigasi

Masker fumigasi memiliki beberapa jenis berdasarkan bentuk dan juga kualitasnya. Masker yang digunakan untuk fumigasi ada yang memiliki bentuk muka penuh atau full face yang didesain untuk melindungi saluran pernapasan dari bahan kimia dan pathogen berbahaya yang tersebar melalui udara dan juga ada yang memiliki bentuk separuh muka atau half face yang merupakan tipe yang sangat umum digunakan dan memiliki filter dan didesain untuk hanya melindungi bagian hidung dan mulut.

 Tipe masker fumigasi yang umum digunakan ada dua jenis yaitu masker canister dan masker filter. Masker canister memiliki fungsi filter kontaminan yang terbawa melalui udara saat pekerja fumigasi melakukan proses fumigasi dengan menggunakan bahan kimia.

Masker canister

Jenis masker fumigasi yang pertama yaitu masker canister atau biasa dikenal dengan masker cartridge. Masker tipe ini memiliki fungsi untuk memfilter gas yang berasal dari bahan fumigasi kimia seperti farmasi, petrokimia, manufaktur kimia, laboratorium, dan kertas.

Masker canister atau cartridge ini tersedia dalam dua bentuk yaitu half face dan full face. Cartridge masker dapat dibongkar pasang untuk membuang bahan kimia dari udara, tipe cartridge yang berbeda dapat digunakan untuk melindungi dari material yang berbeda juga.

Cartridge memiliki kode warna berdasarkan jenis perlindungan yang diberikannya. Sebagai contohnya, cartridge yang melindungi pekerja dari gas organic seperti gas pestisida memiliki kode warna hitam dengan tulisan label “organic vapors”, sedangkan cartridge untuk melindungi pekerja dari debu pestisida, kabut, dan partikel halus yang berasal dari gas organik memiliki kode warna merah muda. Kode warna kuning menandakan cartridge berfungsi untuk melindungi pekerja dari gas organic dan gas asam seperti klorin dan desinfektan lainnya. Warna hijau menandakan cartridge melindungi pekerja dari gas amoniak.

Masker cartridge sebaiknya tidak digunakan jika produk tidak memiliki tanda peringatan yang baik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya risiko masuknya gas atau komponen kimia berbahaya kedalam masker pada saat masker digunakan.

Hindari menggunakan masker cartridge pada area yang dapat menyebabkan kematian mendadak, karena pada area tersebut dapat terjadi pengumpulan gas yang dapat menciptakan atmosfer yang dapat mematikan dalam hitungan detik seperti silo dengan gas kimia.

Masker filter

Jenis masker fumigasi yang kedua yaitu masker filter yang menyediakan perlindungan terhadap debu dan uap. Label pestisida yang lebih tua dapat merujuk kepada partikulat masker filter sebagai NIOSH TC-84A.

NIOSH memiliki tiga klasifikasi filter partikulat yaitu:

  • N, not resistant to oil (tidak tahan terhadap minyak)
  • R, resistant to oil for up to 8 hours (tahan terhadap minyak hingga 8 jam)
  • P, oil proof (tahan terhadap minyak)

Minyak merupakan komponen yang bias ditemukan pada beberapa produk pestisida merupakan aspek penting dalam menentukan peringkat produk pada industry agrikultur.

Masker dengan filter partikulat memiliki tingkat efisiensi berdasarkan pada seberapa baik perlindungan yang diberikannya terhadap partikel dengan ukuran diameter paling kecil yaitu 0,3mikron.

Filter masker memiliki efisiensi minimum sebesar 95%, 99%, dan 99,97% dan dituliskan sebagai 95, 99, dan 100 pada label masker. Artidari label masker filter dapat diartikan seperti misalnya N95 yang berarti filter masker bersifat tidak tahan terhadap minyak atau not resistant to oil dan akan menyaring 95% partikulat dengan ukuran diameter 0,3mikron atau lebih besar dari ukuranya.

Informasi Lainnya