oleh

Canister pada Masker Fumigasi

-Fumigasi-30 views

Masker fumigasi memiliki beberapa jenis berdasarkan bentuk dan juga kegunaannya. Salah satu masker fumigasi yang paling populer yaitu masker canister atau cartridge yang memiliki bentuk half maupun full face. Salah satu proses fumigasi container secara aman dengan masker canister.

Masker fumigasi berbeda dari masker pada umumnya. Masker fumigasi memiliki bentuk yang tersusun atas dua komponen yaitu pelindung wajah dan penyaring atau cartridge yang berfungsi untuk menyaring gas berbahaya yang berasal dari insektisida fumigan.

Cartridge atau canister

Masker canister atau cartridge adalah masker yang menggunakan cartridge sebagai alat untuk memfilter udara beracun dari luar sebelum dihirup oleh hidung pekerja. Cartridge pada masker fumigasi dipakai bersamaan dengan penutup wajah dan terletak pada bagian bawah penutup wajah.

Cartridge terbuat dari bahan absorben yang memiliki sifat menyerap gas-gas beracun dari fumigan. Absorben yang digunakan sebagai cartridge telah melalui perlakuan kimiawi sehingga dapat memiliki sifat absorbsi yang lebih tinggi terhadap bahan kimia berbahaya.

Jenis absorben yang digunakan pada cartridge masker fumigasi biasanya terbuat dari karbon aktif yang dapat menyerap bahan kimia beracun dari fumigan seperti pestisida sehingga menjadi aman untuk dihirup oleh pekerja.

Bahan aktif di dalam cartridge atau canister akan menetralkan udara beracun yang dihirup oleh para pekerja. Cartridge masker fumigasi memiliki kode warna yang menunjukkan jenis kontaminan atau partikulat yang disaringnya.

Cara untuk mengecek fungsi masker

Sebelum masker fumigasi digunakan, pastikan masker dalam kondisi yang baik sehingga dapat menjamin keamanan selama melakukan proses fumigasi. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek kondisi masker yang Artikel Portal telah rangkum.

Memindahkan filter dan cartridge

Cartridge masker fumigasi tidak dapat dibersihkan, namun dapat digunakan ulang hanya jika memiliki kondisi yang layak untuk digunakan kembali. Hindari membersihkan cartridge masker fumigasi, namun sebaiknya menggantinya dengan yang baru atau menggunakan ulang hanya jika kondisinya masih layak pakai.

Hindari membersihkan dengan larutan

Gunakan deterjen ringan dengan disinfektan dan air hangat, tiriskan dan keringkan sampai kering. Lap sekali pakai juga dapat digunakan untuk membersihkan masker, namun pastikan supaya lap sekali pakai tersebut tidak mengandung alkohol.

Hindari dari debu, sinar matahari, panas, dingin, kelembaban, bahan kimia, atau asap kendaraan

Ketika masker sedang tidak digunakan, pastikan Anda menyimpannya di dalam kantong tertutup atau harus dijaga dalam kondisi yang selalu kering dan bersih. Umur simpan cartridge dapat dijaga dengan menyimpannya jauh dari area dengan risiko kontaminasi yang tinggi.

Jadwal penggantian

Penggantian cartridge berdasarkan dari instruksi manfukatrurer. Jadwal penggantian cartridge dapat mempengaruhi umur simpan cartridge. Gantilah cartridge secara berkala untuk mencegahnya risiko kontaminasi dan juga perhatikan frekuensi penggunaannya.

Inspeksi dan monitoring

Langkah yang penting untuk menjaga umur simpan cartridge masker fumigasi adalah dengan melakukan inspeksi dan memastikan semuanya dalam kondisi yang aman. Lakukan pengecekan terhadap kondisi penutup wajah, strap kepala, katup, cartridge, baterai, lubang suplai udara, dan penghubungnya. Lakukan pengecekan secara berkala untuk memastikan kondisi masker dalam kondisi aman.

Anda juga perlu memperhatikan tanggal kadaluarsa atau expired date yang ada pada kemasan cartridge atau canister. Lakukan penggantian cartridge sesuai dengan tanggal kadaluarsa tersebut, namun jika sebelum tanggal tersebut cartridge memiliki tanda-tanda kerusakan seperti adanya kerusakan atau terciumnya bau aneh, maka Anda dapat melakukan penggantian cartridge lebih awal.

Penyimpanan cartridge

Cartridge yang akan digunakan, sebelumnya harus disimpan pada area yang bersih dan minimal kontaminasi yang dapat mengancam kualitas cartridge.

Cartridge wajib dicek sebelum dan sesudah digunakan untuk memastikan bahwa cartridge dalam kondisi yang aman untuk digunakan. Jika cartridge sebelumnya pernah disimpan dalam ruangan terbuka, maka sebaiknya hindari menggunakan cartridge tersebut karena risiko adanya kontaminasi.

Informasi Lainnya