oleh

Ingin Coba Hobi Racik Kopi? Ini Tips Pilih Biji Kopi Baik Beraroma Khas

Kopi sudah lama jadi komoditas penjual di Indonesia. Bahkan kopi asal Indonesia telah tenar karena aroma dan cita rasanya yang khas. Anda hendak coba hobi racik kopi sendiri? Tentu skil pemilihan biji kopi yang baik harus dimiliki.

Alih-alih membayar kursus kopi mahal Anda bisa memulai membangun skil dengan memperdalam informasi terkait hal tersebut. Terlebih bagi Anda yang ingin memperdalamnya hingga dunia bisnis, berikut ini Artikel Portal rangkum beberapa tips memilih biji kopi terbaik berikut ini.

Tips Pemilihan Biji Kopi yang Baik

Biji kopi yang baik bisa mendatangkan berbagai macam manfaat. Tidak hanya hasil seduh yang memuaskan tapi juga bisa bekerja sebagai suplemen unsur gizi. Ingin mendapatkan ragam manfaat tersebut? Pahami dulu cara pilih biji kopi baik dan berkualitas di bawah.

  1. Cium Aroma Kopi

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencium aroma kopi. Siapa yang tidak tergiur dengan aroma kopi yang begitu khas. Ini bisa jadi salah satu indikator bagi Anda untuk memilih kopi terbaik dengan aroma yang khas.

Tidak masalah bagi Anda sebagai konsumen untuk mencium aroma kopi yang hendak dibeli. Biji kopi terbaik biasanya mengandung aroma yang kuat namun khas. Berbeda dengan biji kopi rusak yang justru tidak memiliki aroma bahkan bau tengik.

  1. Pilih Biji yang Padat

Selanjutnya pilihlah biji kopi utuh dan padat. Biji kopi utuh bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi karena kualitasnya yang lebih baik. Maka jangan sia-siakan uang Anda dengan membeli biji berkualitas buruk.

Hanya pilih biji dengan kepadatan sempurna bisa jadi pintu kepuasan dalam membeli biji. Biji padat juga bisa jadi salah satu ciri bahwa biji siap digunakan dengan keadaan yang sempurna. Bila biji mudah rusak maka bisa dipastikan biji tidak layak untuk digunakan.

  1. Periksa Tanggal Roasting

Anda yang berniat untuk membeli biji roasing tentu harus lebih hati-hati. Salah satu tipsnya dengan memeriksa tanggal roasting yang tertera di bagian luar bungkus. Tanggal juga terkadang berada di bagian bawah atau atas bungkus.

Anda bisa memilih kopi dengan tanggal roasting yang paling dekat dengan pembelian. Opsi lainnya lihat tanggal kadaluarsa untuk menghindari kemungkinan biji kopi yang bau bahkan busuk sebelum digunakan. Anda tentu tidak ingin merugi, kan?

  1. Beli dari Supplier Terpercaya

Tidak kalah penting, Anda bisa membeli biji kopi hanya dari supplier terpercaya. Tidak mudah untuk menemukan supplier terpercaya namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut.

Pertama banyak tanya dan banyak cari testimoni. Hal ini bisa jadi salah satu cara efektif untuk mendapat supplier terpercaya. Selanjutnya Anda bisa langsung survei ke tempat dan melihat intensitas pembelinya. Selanjutnya tempat dan proses pengolahan juga bisa jadi bahan peninjauan.

  1. Tes Seduhan Kopi

Terakhir, Anda bisa mencoba seduhan dari biji kopi yang dibeli. Cara ini dinilai sebagai pemilihan biji kopi yang baik yang paling efektif untuk mendapatkan kopi berkualitas. Tentu saja Anda tidak perlu membeli terlalu banyak kopi terlebih dulu.

Sesuaikan rasa kopi dengan selera sendiri atau dengan selera pasar yang nantinya akan dituju. Bila rasa tidak menyentuh standar penilaian maka Anda bisa beralih ke supplier lainnya atau mencarii langsung dari produsen kopi di berbagai daerah Indonesia.

Tips di atas bisa digunakan untuk mendapatkan biji kopi terbaik. Anda bisa mengandalkan kopi produksi dalam negeri untuk mendapatkan biji kopi dengan harga yang terjangkau.