Inilah Penyebab Beras Berkutu

Serangan kutu yang sering kali ditemui pada beras memang dinilai sangat mengganggu, sebab kutu beras dapat merusak tekstur dari beras dan juga menurunkan mutu kualitas dari beras.

Sering kali permasalahan kutu pada beras ini ditemui baik beras yang disimpan untuk konsumsi rumahan maupun beras yang disimpan dalam jumlah banyak yang ada pada gudang penyimpanan beras.

Bagi para pengusaha beras yang menyimpan beras dalam jumlah banyak, permasalahan serangan hama kutu ini harus menjadi perhatian serius, sebab dampak kerugian yang ditimbulkan dengan adanya hama kutu ini bisa menjadi besar.

Mungkin sebagian dari anda berpikir, kenapa beras tiba – tiba mempunyai kutu? Apa penyebab beras tersebut bisa berkutu? Dan dari mana asal kutu tersebut? Untuk menjelaskan terkait apa penyebab dan dari mana kutu beras berasal, sebaiknya anda menyimak tulisan berikut.

Kenapa Beras Bisa Berkutu?

Ada beberapa alasan kenapa beras bisa berkutu, berikut beberapa penyebab munculnya kutu pada beras diantaranya :

  • Sebenarnya penyebab utama beras berkutu salah satunya adalah dari faktor penyimpanan beras. Tempat simpan beras ini kadangkala tidak diperhatikan kebersihannya, sehingga larva atau telur kutu beras mulai bermunculan, apalagi jika suhu tempat penyimpanan beras lembap maka akan berpotensi memicu munculnya kutu pada beras.
  • Selain itu, penyebab lain beras bisa berkutu adalah beras tersebut ditimbun atau disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  • Berikutnya adalah kutu sudah menempel pada beras sebelum dikemas. Hal ini biasa terjadi karena sebelum dikemas, beras biasa berada pada suatu wadah yang besar yang telah terkontaminasi dengan lingkungan dan juga udara luar yang menjadi pemicu hadirnya kutu.

Penyebab kutu beras yang umum sering terjadi adalah dari penyimpanan beras dan juga beras tersebut disimpan dalam waktu yang lama.

Cara Menghilangkan Kutu Beras

Sebelum bertambah banyak, kutu yang menyerang pada beras harus segera dihilangkan. Hal ini dikarenakan kutu tersebut cepat sekali dalam berkembang biak sehingga jika terdapat kutu pada beras sedikit saja, maka bersiaplah akan muncul lebih banyak lagi kutu dan dapat menyebar hingga ke tempat lain.

Metode terbaik untuk tuntaskan kutu beras harus anda ketahui dan lakukan sebelum hama kutu bertambah banyak dan menyebar dengan semakin luas.

Ada beberapa cara yang sangat ampuh dan efektif dalam menghilangkan kutu beras diantaranya :

  • Jika beras yang terserang kutu cuma sedikit dalam hal ini skala beras rumahan yang dimana beras tersebut disimpan di rice box, cara untuk menghilangkan kutu beras yang cepat dan mudah yaitu cukup dengan menjemur beras anda dibawah terik sinar matahari, kemudian jangan lupa juga untuk membersihkan tempat penyimpanan beras dan hindari menyimpan beras di tempat yang lembap dan jangan menyimpan beras dalam jangka waktu yang lama.
  • Untuk beras yang disimpan dengan skala besar dalam hal ini gudang penyimpanan beras, maka cara yang cepat dan efektif dalam membasmi kutu beras adalah dengan menggunakan bantuan obat kutu beras, sangat disarankan untuk menggunakan obat pembasmi kutu beras terbaik.

Obat Penghilang Kutu Beras

Untuk menghilangkan kutu dari beras, maka salah satu rekomendasi obat penghilang kutu pada beras adalah Fumiphos 56 TB, yang merupakan obat fumigasi yang mampu mengatasi masalah hama kutu yang menyerang beras di gudang penyimpanan.

Fumiphos 56 TB yang merupakan obat kutu beras berbentuk tablet ini memiliki bahan aktif zat fosfin yang aman untuk komoditi pangan. Beberapa keunggulan Fumiphos 56 TB ini diantaranya :

  • Mampu mengatasi hama kutu yang kebal atau resisten sekalipun.
  • Tidak meninggalkan residu, sehingga aman digunakan untuk komoditi pangan.
  • Memiliki hasil uji dari Seameo Biotrop Bogor, serta memiliki MSDS dan COA dan juga terdaftar di Kementerian Pertanian.
  • Tabletnya meluruh secara total dan efektif basmi kutu hingga ke telurnya.

Anda dapat mengunjungi website resmi PT. Panca Prima Wijaya di obatfumigasi.com ataupun menghubungi melalui kontak WhatsApp di nomor 0853-1320-0188 untuk melakukan pemesanan obat kutu beras Fumiphos 56 TB, ataupun konsultasi dan juga tanya jawab terkait masalah hama kutu yang anda alami.

Kontak Panca Prima WIjaya

Demikian artikel tentang penyebab beras berkutu ini, semoga bisa menambah wawasan dan menjadi solusi anda dalam menuntaskan masalah hama kutu yang ada pada beras.

Tinggalkan Balasan