Pengertian dan Prosedur Fumigasi Kapal

Fumigasi101 views

Apa Itu Fumigasi Kapal?

Fumigasi kapal adalah kegiatan pengendalian hama dan juga kuman pada transportasi laut yang mengangkut komoditi dan juga penumpang dengan menggunakan gas fumigan. Tujuannya agar menjaga komoditi dan manusia terbebas dari penyakit menular selama pelayaran.

Fumigasi kapal rutin dilakukan lantaran pelayaran panjang dengan muatan komoditi akan sangat berpotensi membuat organisme pengganggu berkembang biak.

Itulah mengapa, kapal pengangkut komoditi diwajibkan untuk dilakukan fumigasi sebelum melakukan pelayaran panjang. Jika rutenya sangat jauh, fumigasi kapal bisa juga dilakukan ketika sedang berlayar.

Untuk kapal penumpang sendiri juga menjadi wajib dilakukan fumigasi untuk mencegah berkembang biaknya organisme pengganggu dan juga kuman yang bisa menyebabkan menularkan penyakit kepada penumpang.

Siapa Pelaksana Fumigasi Kapal?

Pelaksana kegiatan fumigasi pada kapal laut harus dilakukan perusahaan profesional dan telah memiliki sertifikasi pengendalian hama. Perusahaan ini juga wajib memiliki tenaga profesional yang mengatur segala manajemen fumigasi.

Nah, dalam melakukan fumigasi kapal perusahaan jasa ini kemudian mengatur dan memastikan setiap langkah kegiatan fumigasi dengan tepat. Sebab, dalam melaksanakan kegiatan fumigasi, banyak hal yang perlu diperhatikan.

Mulai dari persiapan yang mengidentifikasi jenis hama pengganggu yang berpotensi menyerang. Juga pada kapal pengangkut komoditi, perusahaan fumigasi akan mengenditifikasi jenis bahan pangan yang diangkut dan juga memberikan perlakuan fumigasi yang tepat.

Sebab, fumigan untuk kegiatan fumigasi bermacam-macam. Juga standar fumigan yang digunakan biasanya disesuaikan dengan negara tujuan.

Jenis Fumigan Pada Kegiatan Fumigasi Kapal

Pada pelaksanaannya, fumigasi kapal hanya boleh menggunakan beberapa jenis fumigan dengan bahan aktif seperti Metil Bromida (CH3Br), Fosfin (PH3), Karbondioksida (CO2), Nitrogen (N), dan Campuran Karbondioksida dengan Fosfin.

Secara umum, fumigasi di Indonesia dilaksanakan menggunakan dua jenis bahan aktif yakni metil bromida dan juga fosfin.

Belakangan, sejumlah organisasi lingkungan meminta agar penggunaan metil bromida pada kegiatan fumigasi dihentikan. Sebab, bahan aktif itu diketahui bisa merusak lingkungan seperti lapisan ozon.

Kemudian, fosfin menjadi yang paling direkomendasikan. Sebab bahan aktif ini sudah melalui serangkaian uji dan diketahui aman terhadap lingkungan.

Di Indonesia sendiri, untuk fumigan yang berbahan aktif fosfin sudah diperjual belikan dengan merek dagang Fumilikuid. Produk ini sendiri sudah banyak digunakan untuk kegiatan fumigasi kapal.

Bukan hanya itu, Fumilikuid juga sudah banyak digunakan untuk pelaksanaan fumigasi pergudangan, komoditi, arsip, dan juga lumbung.

FUMILIKUID 2 GA sangat aman terhadap komoditi pangan lantaran toksisitasnya tidak membahayakan pangan. Juga tidak meninggalkan residu ketika diaplikasikan.

Syarat Utama Fumigasi Kapal

Pada pelalsanaan fumigasi kapal oleh perusahaan profesional, ada beberapa persyaratan umum yang wajib dipatuhi. Persyaratan itu sebagai berikut :

  • Fumigator harus memastikan sistem kelistrikan dan juga air di tempat pelaksanaan fumigasi bekerja dengan baik.
  • Ruang yang hendak dilakukan fumigasi memiliki pencahayaan cukup yang didukung keberadaan ventilasi.
  • Ruang yang hendak dilakukan fumigasi yang saling berhubungan dengan lokasi lainnya ditutup rapat agar ruang fumigasi kedap gas.
  • Memastikan dalam ruang fumigasi tidak ada barang yang bisa bereaksi dengan jenis fumigan yang digunakan. Jika ada, harus dikeluarkan dari kapal.
  • Memastikan ruang fumigasi aman dari aktivitas pekerja. Itu dengan memberikan pemberitahuan adanya kegiatan fumigasi.
  • Sistem aerasi berjalan baik ketika kegiatan fumigasi telah dilaksanakan.

Terkait dengan kapal yang hendak melakukan pelayaran ke luar negeri, harus memperhatikan syarat fitosanitari negara tujuan. Biasanya yang dipersyaratkan seperti jenis dan dosis fumigan, prosedur pelaksanaan fumigasi, ambang batas aman (Treshold Limit Value, TLV), dan deaktivasi.

Perusahaan Fumigasi Kapal Profesional di Indonesia

Jika Anda hendak menggunakan jasa perusahaan fumigasi profesional, kami merekomendasikan untuk menghubungi PT Panca Prima Wijaya. Perusahaan ini telah berpengalaman dalam melaksanakan kegiatan fumigasi kapal.

Untuk menghubungi kami, Anda bisa mengunjungi laman resmi kami di obatfumigasi.com atau menghubungi nomor admin kami yang sudah ada.

Untuk mendapatkan biaya spesial fumigasi kapal, Anda ketika menghubungi Admin kami, menyertakan kode voucher PLP01. Semoga pelaksanaan kegiatan fumigasi Anda berjalan dengan baik. (*)