oleh

Gunakan Metode Terbaik Ini Untuk Tuntaskan Kutu Beras

ARTIKEL-PORTAL.NET – Kutu beras seringkali kita jumpai ketika kita hendak mencuci beras, ataukah kutu beras muncul di tempat penyimpanan beras. Walaupun kutu beras ini tidak berbahaya saat di telan, akan tetapi kutu tersebut dapat mengambil nutrisi dari beras tersebut sehingga kualitas dan aroma pada beras akan hilang.

Yang jadi permasalahannya, Kenapa beras bisa berkutu?

Penyebab beras bisa berkutu dikarenakan tempat penyimpanan berasnya di simpan atau diletakkan di sembarang tempat sehingga beras mudah berkutu. Nah, anda disini perlu memperhatikan penyimpanan beras dengan baik dan benar. Jangan menyimpan beras dengan sembarangan tempat apalagi tempat penyimpanannya di tempat yang lembab dan mudah basah, tempat tersebut sangat rentan didatangi kutu dan bisa saja beras juga dapat berjamur dan berbau tak sedap.

Maka dari itu, untuk membasmi kutu beras ada banyak cara yang dapat anda coba dengan menggunakan cara alamiah maupun cara menggunakan bahan kimia. Berikut cara mentuntaskan kutu beras.

Cara membasmi kutu beras

  • Menjemur beras dibawah sinar matahari

Cara untuk menghilangkan beras yang berkutu yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Kutu beras tidak mampu bertahan pada suhu yang panas, maka dari itu untuk menghilangkan kutu kamu dapat menjemurnya di bawah sinar matahari. Saat ingin menjemur beras kamu dapat menjemurnya pada pukul 11 sampai 14 siang dibawah sinar matahari lagi sedang teriknya. Jemurlah di tempatnya panas dan jauhkan dari tempat ang lembab atau tempat yang mudah basah. Jemur beras sekitar 15 menit agar kutu tersebut dapat keluar dari beras.

  • Gunakan daun salam

Cara hilangkan kutu beras dengan menggunakan daun salam. Dimana daun salam ini mampu mengusir kutu pada beras. Hanya menggunakan beberapa lembaran daun salam dan diletakkan di sekitaran dapur atau di tempat penyimpanan beras untuk mengusir kutu beras. Daun salam ini mampu mengusir kutu karena aroma yang dihasilkan dari daun salam ampuh membasmi kutu.

  • Dapat menggunakan cengkeh

Mengusir kutu beras bisa kamu gunakan cengkeh. Caranya sangat mudah kamu dapat menaruh cengkeh di tempat penyimpanan beras dengan aroma yang dihasilkannya mampu mengusir kutu pada beras. Namun, cara ini sangat berisiko sebab dengan menggunakan metode ini dapat mengubah rasa dan kualitas pada beras. Agar tidak terjadi hal tersebut kamu dapat meletakkan cengkeh dengan wadah yang sudah terpisah dkemudian taruh ke tengah butiran beras.

  • Cuka

Anda dapat menggunakan cuka sebagai pembasmi kutu beras. Caranya sangat simple anda perlu menyemprotkan cuka asli ke beras yang berkutu untuk membasminya, kemudian diamkan hingga kutu tersebut mati. Namun, hal ini perlu kamu perhatikan saat sedang menyemprot untuk menjauh dari tempat makanan atau berhati-hatilah dalam menyemprot saat berada dekat makanan sebab rasa cuka tersebut bisa menghilangkan rasa pada makanan.  Cuka ini sangat bermanfaat untuk membersihkan barang-barang atau hama kecil seperti kutu beras.

  • Gunakan air sabun

Kamu juga bisa menggunakan air sabun sebagai pembasmi kutu beras. Hanya menggunakan sabun cair kemudian di campurkan dengan air. Lalu masukkan sabun cair kedalam botol semprot dan semprotkan langsung ke tempat kutu beras dan kamu juga bisa menggunakan sebagai pembersih produk yang dihinggapi oleh hama pengganggu. Cara sangat efektif untuk membunuh macam jenis hama seperti larva, kumbang dan telur kutu pada beras.

  • Gunakan pestisida bahan kimia membasmi kutu beras

Untuk membasmi kutu beras anda bisa menggunakan dengan pestisida yang berbahan kimia yang mampu menuntaskan kutu beras. Panca prima wijaya menghadirkan untuk mengatasi masalah pada komoditi anda dengan menggunakan FUMIPHOS. Fumiphos sudah terbukti ampuh menuntaskan segala macam jenis hama hingga hama resisten yang menyerang pada komoditi pangan seperti beras.

Fumiphos merupakan pestisida yang berbahan aktif aluminium phosphide, jadi sangat aman untuk anda gunakan pada penyimpanan komoditi pangan seperti beras, biji kopi, tembakau.

Agar beras kamu tetap awet dan tidak mudah berkutu, maka simpanlah di tempat yang tidak mudah lembab atau basah. Jika beras kamu berkutu maka cobalah untuk menuntaskannya dengan cara alami atau dengan pestisida yang aman dan ampuh menuntaskan hama atau kutu.

Informasi Lainnya