oleh

Beras Berkutu? Ini Dia Solusi Untuk Mengatasi Kutu Pada Beras

ARTIKEL-PORTAL.NET – Kutu pada beras sering saja kita temui pada saat kita membelinya ataukah tiba-tiba kutu beras muncul di wadah penyimpanan beras. Itulah mengapa kita merasa bingung mengapa kutu bisa muncul di dalam beras apalagi telur kutu beras juga tidak mudah terlihat dan kita juga kesulitan untuk mengatasinya. Kita juga tidak mengetahui kapan datangnya telur kutu beras yang menetap pada komoditi pangan. Apakah itu ada sebelum proses pengemasan beras ataukah saat beras yang akan disimpan gudang penyimpanan dan pada saat itu kondisi di lingkungan tersebut memang kurang mendukung. Dengan demikian hal itulah yang membuat anda mesti mencari tahu bagaimana cara untuk bisa mengatasi telur kutu pada beras.

Cara mengatasi kutu pada beras

  • Dapat digunakan dengan air panas atau air dingin

Walaupun kutu beras memang tidak berbahaya bagi kita saat dikonsumsi, namun hal ini justru malah membuat kita merasa risih dengan keberadaannya. Oleh karena itu, jika anda ingin membasmi telur kutu maka anda bisa menggunakan air panas. Air panas ini akan membunuh telur kutu dengan suhu diatas 30 derajat celcius dengan menyirami air panas yang baru mendidih ke beras yang di penuhi oleh kutu.

Atau menyirami dengan air dingin dibawah suhu 13 derajat celcius untuk membunuh kutu pada beras, sehingga kutu tersebut tidak mampu lagi untuk bertahan hidup dengan suhu yang dingin. Anda juga bisa menaruhnya di dalam freezer selama satu minggu untuk membunuh semua telur kutu.

  • Gunakan kain basah sebagai penutup beras

Anda bisa menggunakan kain basah sebagai penutup beras jika ingin membasmi kutu beras, sebab kutu beras sangat membenci tempat yang lembab dan juga basah maka dari itu cara ini terbilang efektif. Dengan menutup tempat penyimpanan beras menggunakan kain basah selama kurang lebih 30 menit hingga kutu tersebut menempel pada kain.

  • Daun jeruk nipis

Anda juga bisa menggunakan daun jeruk nipis sebagai pembasmi kutu beras. Karena aroma yang dihasilkan sangat menyengat dan itu sangat tidak disukai oleh kutu beras tersebut. dengan meletakkan lembaran daun jeruk nipis ke tempat penyimpanan beras.

  • Gunakan cabai merah kering

Cabai merah yang kering bisa dijadikan sebagai pengusir kutu beras. Hanya meletakkan cabai merah kering ke dalam tempat penyimpanan beras dan biarkan hingga semalaman dan kutu akan keluar dengan sendirinya dari tempat penyimpanan beras.

  • Daun salam

Daun salam memiliki aroma yang sangat kuat dan membuat kutu beras tidak menyukainya. Caranya pun sangat mudah anda hanya perlu memakai beberapa lembaran daun salam dan kemudian letakkan daun salam yang kering ke wadah beras dan tunggulah kutu beras itu menghilang.

  • Letakkan irisan bawang putih

Bawang putih juga bisa dijadikan sebagai pengusir kutu beras karena bawang memiliki bau yang sangat menyengat yang membuat kutu tidak menyukainya. Anda hanya perlu mengiris bawang putih dan letakkan  ke tempat penyimpan beras.

  • Gunakan pengusir kutu beras pada komoditi

Apabila cara mengatasi kutu dengan cara yang alamiah belum berhasil, maka anda bisa menggunakan produk obat pengusir kutu beras yang ampuh dan aman untuk membasmi kutu beras yaitu FUMIPHOS 56 TB. Fumiphos ini bisa digunakan untuk membasmi kutu pada komoditi beras anda. Tak hanya itu saja fumiphos ini juga dapat digunakan untuk jagung dan jenis biji-bijian lainnya.

Tenang saja fumiphos ini sudah terbukti aman dan ampuh dalam mengatasi hama yang menyerang dan merusak komoditas pangan, dan lebih menariknya lagi dalam pemakaian fumiphos ternyata ramah lingkungan. Karena fumiphos ini memiliki bahan aktif aluminium phosphide sehingga aman digunakan untuk penyimpanan komoditi pangan misalnya beras, biji kopi, tembakau dan juga penyimpanan benih.

Anda disini juga perlu meperhatikan khususnya untuk penyimpanan benih bahwa anda perlu memastikan dosis yang digunakan itu tidak mempengaruhi pertumbuhan kecambah dari benih yang difumigasi dengan menggunakan fumiphos.

itulah beberapa cara untuk mengatasi masalah kutu beras dan jika ingin menggunakan fumiphos anda bisa mengunjungi panca prima wijaya berbagai macam produk yang terdapat untuk mengatasi setiap masalah pada komoditas pangan anda.

Informasi Lainnya