oleh

Ini Dia Ciri Benih Kelapa Sawit Unggulan dan Cara Pilih Benih yang Tepat

-Pertanian-305 views

Kelapa sawit kini jadi bahan baku yang paling banyak digunakan dalam berbagai jenis industri. Tentu saja proses pemilihan biji benih kelapa sawit jadi proses terpenting dalam akar industrinya agar bisa mendapatkan benih atau bibit kelapa sawit yang unggul. Selain itu, bagian ini disebut penting karena bisa berdampak fatal pada hasil akhir penjualan.

Anda yang hendak memulai bisnis penjualan bibit kepala sawit bisa memperdalam pengetahuan tentang ciri benih kelapa sawit unggul terbaik beserta cara pilihnya sehingga dalam berjualan, Anda dapat menentukan harga bibit sawit yang unggul. Hal ini bisa digunakan untuk membangun reputasi baik pada usaha Anda secara perlahan.

Ciri-Ciri Bibit / Benih Kelapa Sawit Unggulan

Terdapat beberapa ciri benih kelapa sawit unggulan yang bisa disebut sebagai bibit kelapa sawit unggul. Bahkan ciri ini telah dipublikasi oleh lembaga dinas resmi dari lembaga pemerintahan. Berikut ciri benih kelapa sawit yang bisa dihafal oleh Anda:

  • Tunas kepala berbentuk normal dengan warna dominan putih;
  • Memiliki anak daun berdiameter lebar tanpa kisut;
  • Warna tempurung kelapa berwarna cokelat gelap hingga hitam pekat;
  • Akar tidak memiliki panjang lebih dari 2 hingga 3 cm saja;
  • Kondisi bongkot atau batang bagian bawah gemuk dan pendek;
  • Calon akar memiliki warna dominan kuning kehijauan;
  • Calon batang dan daun dominan berwarna putih;
  • Panjang batang tengah yang siap tanam dua hingga tiga meter;
  • Bentuk bibit membulat dengan bagian lancip di ujungnya seperti buah melinjo;
  • Jauh dari kerumunan hama.

Ciri di atas bisa jadi pedoman bagi Anda untuk melakukan pemilihan biji benih kelapa sawit. Terlebih pada pembelian jumlah banyak tentu saja pemilihan bisa jadi hal yang paling menentukan keuntungan di masa yang akan datang selain karena harga bibit sawit unggul dapat diketahui dengan tepat, Anda juga bisa mendapatkan bibit kelapa sawit yang unggul sesuai dengan yang diharapkan.

Tips dan Cara Pemilihan Biji Benih Kelapa Sawit Unggul

Selain dengan menyeleksi benih kelapa melalui ciri benih atau bibit sawit unggul di atas ternyata masih banyak cara lain. Tentu saja terdapart tips dan cara yang digunakan tidak kalah efektif digunakan untuk memilih biji kualitas terbaik untuk usaha Anda. Tips atau cara dalam melakukan pemilihan bibit / benih kelapa sawit unggul yaitu diantaranya :

  1. Pilih Benih yang Segar

Pertama, pilihlah biji benih kelapa sawit yang segar. Pemilihan biji yang segar ternyata bisa dimanfaatkan untuk sementara melakukan adaptasi lahan. Biji yang segar bisa tahan hingga beberapa waktu.

Tentu ini akan sangat bermanfaat apalagi bila Anda terlanjur membeli tanpa memperhitungkan kesiapan lahan. Benih yang segar bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu sambil menunggu lahan siap digunakan.

  1. Pilih yang Ukurannya Tidak Terlalu Kecil

Selanjutnya pilih benih atau bibit yang ukurannya tidak terlalu kecil. Bisa jadi biji yang kecil ternyata cikal bakal dari pohon kerdil. Pohon kerdil yang sulit berkembang biasanya juga sulit untuk memproduksi kelapa sawit.

Jadi baiknya Anda membeli biji dengan ukuran yang sedang hingga besar sekaligus. Pemilihan ini bisa dilakukan dengan mudah karena Anda bisa melakukannya sendiri secara kasat.

  1. Jangan Pilih Biji yang Rusak

Selanjutnya jangan pilih biji yang rusak. Sekalipun biji yang terlihat merupakan biji yang terlihat bagus di sisi lain, Anda baiknya menghindari pembelian biji yang rusak ini. Kerusakan yang mesti dihindari seperti biji terbelah, berlubang hingga busuk sebagian.

Membeli biji seperti ini hanya akan membuat Anda merugi. Ketika benih masuk dalam tanah maka kemungkinan pembusukan akan terjadi lebih cepat.

  1. Pastikan Biji Tidak Berhama

Terakhir, pastikan biji tidak dihinggapi hama baik hama serangga, ulat pengurai bahkan hingga jamur. Anda baiknya memastikan hal ini sebelum membelinya dan tidak mendapat kesempatan untuk meminta ganti rugi.

Jangan sepelekan pemilihan bibit agar hasil tanamnya memuaskan. Proses pemilihan biji benih kelapa sawit juga sebelumnya bisa dilakukan dengan cara memilih supplier bibit biji kelapa terpercaya.

Informasi Lainnya