oleh

Cara Menyimpan Biji Bunga Matahari Agar Awet

Cara Menyimpan Biji Bunga Matahari – biji bunga matahari merupakan buah yang berasal dari tanaman bunga matahari (Helianthus annuus). Biji bunga matahari dipanen dari bagian kepala bunga matahari yang berukuran besar dengan diameter mencapai 12 inchi atau 30,5 cm.  Biji bunga matahari populer akan kandungan nutrisinya dan digunakan sebagai campuran dalam berbagai olahan produk makanan kesehatan seperti multigrain bread, snack bar, granola, dan lainnya. Namun, biji bunga matahari sangat sensitif terhadap penurunan mutu selama penyimpanannya, maka dari itu diperlukan cara menyimpan biji bunga matahari yang tepat. Berikut ini adalah cara menyimpan biji bunga matahari agar awet dan tidak mudah rusak.

Cara Mengetahui Kualitas Biji Bunga Matahari

Sebelum menyimpan biji bunga matahari yang telah dibeli, maka Anda harus terlebih dahulu mengetahui bagaimana ciri-ciri kualitas biji bunga matahari yang baik.

Biji bunga matahari yang berkualitas dapat diketahui dari aromanya, dimana aroma yang tengik menjadi tanda biji bunga matahari mulai mengalami penurunan kualitas karena adanya penguraian dari minyak alami di dalam biji bunga matahari akibat adanya paparan terhadap oksigen.

Kemudian, biji bunga matahari yang berjamur juga menjadi tanda adanya penurunan mutu akibat adanya aktivitas kehidupan dari jamur yang akan mengambil nutrisi dari biji bunga matahari dan dapat membahayakan kesehatan manusia yang mengkonsumsinya.

Tips Aman Menyimpan Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah komoditas pangan segar yang mudah mengalami kerusakan akibat berbagai faktor fisik maupun biologis selama penyimpanannya seperti terserang hama kutu. Namun, Anda tetap dapat menyimpan biji bunga matahari dengan melakukan tips-tips sebagai berikut.

Wadah kedap udara

Cara menyimpan biji bunga matahari yang pertama yaitu dengan menggunakan wadah kedap udara atau kemasan vakum. Wadah atau kontainer yang kedap udara akan melindungi biji bunga matahari dari udara lembab dari luar.

Biji bunga matahari memiliki karakteristik yang kering sehingga mudah menyerap air atau udara lembab. Hal ini akan mengakibatkan biji bunga matahari mudah berjamur dan akhirnya rusak.

Wadah atau kontainer kedap udara yang terbuat dari keramik atau gelas akan melindungi udara lembab atau uap air dari luar masuk ke dalam wadah penyimpanan biji bunga matahari dan dapat menjaga umur simpannya.

Penyimpanan di tempat yang gelap

Menyimpan biji bunga matahari agar awet harus dilakukan dengan meletakkannya pada tempat yang gelap atau minim cahaya. Hal ini dikarenakan cahaya merupakan faktor yang dapat mendorong terjadinya aktivitas biologis pada mikroorganisme seperti bakteri dan jamur yang dapat merusak mutu biji bunga matahari selama penyimpanan.

Hindari menyimpan biji bunga matahari pada tempat yang terkena paparan sinar matahari secara langsung, karena hal ini akan memicu terjadinya aktivitas mikroorganisme merugikan.

Simpan di tempat yang dingin

Cara menyimpan biji bunga matahari yang baik selanjutnya yaitu dengan menyimpannya pada tempat dengan suhu ruang yang rendah atau dingin. Suhu yang dingin dapat mencegah adanya aktivitas kehidupan dari bakteri atau jamur yang dapat merusak mutu biji bunga matahari selama penyimpanannya.

Anda dapat menyimpan biji bunga matahari di dalam kulkas atau refrigerator untuk memperpanjang umur simpannya dengan menggunakan wadah atau kontainer dari bahan keramik atau kaca untuk mencegah masuknya uap air atau udara lembab ke dalam wadah penyimpanan.

Hindari menyimpan biji bunga matahari di dalam freezer, karena hal ini akan mengakibatkan biji bunga matahari menjadi lembab dan menggumpal serta mengalami penurunan mutu pada saat digunakan.

Perhatikan tanggal kadaluarsa

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika menyimpan biji bunga matahari yaitu memperhatikan tanggal kadaluarsanya.

Perhatikanlah tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan biji bunga matahari yang dibeli dan sebaiknya segera mengkonsumsinya sebelum tanggal tersebut untuk menghindari penurunan mutu yang tidak diinginkan.

Demikianlah informasi tentang Cara Menyimpan Biji Bunga Matahari Agar Awet, semoga bermanfaat.

Informasi Lainnya