oleh

Begini Cara Mudah Mengolah Gandum Menjadi Makanan Yang Sehat

Tak ubahnya padi, gandum juga termasuk ke dalam kelompok serealia yang tinggi akan karbohidrat dan serat. Bedanya, gandum mempunyai protein yang lebih tinggi yaitu sekitar 10-15% dari beras.

Protein di dalam gandum dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat serta sumber antioksidan dan vitamin.Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa diet dengan biji-bijian gandum dapat menurunkan risiko serangan jantung.

Cara mengolah gandum jadi makanan sehat

Mengonsumsi gandum dapat membuat Kamu merasa kenyang lebih lama, dan cocok memenuhi kebutuhan energi harian. Selain mengonsumsi roti gandum atau oat, gandum juga dapat Kamu olah menjadi beberapa kreasi makanan sehat lainnya. Apa saja itu? Berikut beberapa cara mudah mengolah gandum menjadi makanan sehat.

Tortilla Gandum

Tortilla merupakan roti tipis yang biasanya terbuat dari jagung tanpa tambahan ragi. Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai membuat tortilla dari gandum. Kamu hanya perlu tepung gandum utuh, baking powder, minyak canola dan air hangat. Setelah bahan membuat tortilla tercampur, kemudian bagi menjadi beberapa bagian, selanjutnya, tutup rapat dan diamkan selama 15 menit.

Giling dan pipihkan adonan tepung, lalu panaskan di atas panci yang anti lengket. Angkat tortilla dan dinginkan. Setelah dingin, isi dengan daging cincang, mayonnaise, keju dan sayuran.

Sereal

Sereal merupakan salah satu olahan gandum yang cukup populer dan banyak Kamu temui di supermarket. Sereal cocok menjadi menu sarapan anak-anak sebelum beraktivitas. Cukup menambah susu cair saja.

Oatmeal

Oat juga mudah Kamu beli di Supermarket. Campur oat dengan susu/ air panas kemudian hiasi dengan buah-buahan yang kaya nutrisi. Selain itu, kamu juga bisa memasak oat di malam hari kemudian memasukkannya ke dalam toples yang kamu campur dengan chia seed, madu atau buah-buahan. Tutup rapat toples dan simpan di dalam kulkas semalaman. Keesokan hari, olahan oat siap kamu santap.

Bagi pecinta pancake, kamu bisa mencoba membuatnya dari bahan tepung oat. Caranya yaitu haluskan oat, kemudian campur dengan telur, baking powder, susu cair atau sedikit garam. Masak adonan pancake di wajan anti lengket hingga matang. Sajikan dengan madu atau topping lainnya.

Pizza Gandum

Kamu bisa membuat pizza dari gandum, loh. Caranya pun cukup mudah, yaitu haluskan roti gandum, campur dengan susu dan minyak. Tanpah fermipan dan uleni hingga kalis. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Setelah mengembang, tambah dengan topping sesuai keinginan. Panaskan di dalam oven hingga matang.

Snack Gandum

Belakangan, marak snack atau camilan balita yang terbuat dari gandum. Menariknya, camilan gandum mempunyai rasa yang menggugah selera makan balita. Dan yang paling penting, snack gandum lazimnya tidak menggunakan tambahan MSG dan bahan pengawet lainnya. Oleh karena itu sangat aman sebagai camilan anak-anak.

Tertarik untuk mengolah salah satu rekomendasi menu gandum di atas? Selamat mencoba membuat camilan yang lebih sehat untuk tubuh, semoga berhasil!

Tambahan informasi untuk para pecinta gandum yang mungkin penasaran bagaimana kok pabrik-pabrik besar bisa menyimpan gandum tanpa diserang kutu ? Jawabannya adalah sistem penyimpanan yang baik dan terorganisir. Salah satunya adalah menggunakan obat fumigant untuk fumigasi gandum dimana fungsi utamanya membasmi tuntas kutu gandum sampai ke telurnya.

Sekarang ini bahkan telah hadir obat fumigan yang mempunyai kandungan aktif CO2 (karbondioksida) didalamnya selain fosfin cair sebagai bahan aktif utamanya. Fumilikuid terbukti dapat membasmi kutu gandum sampai ke telur selain berfungsi dapat menjaga kesegaran komoditi gandum yang difumigasi. Tertarik ? Bisa lihat aplikasinya di Youtube dengan masukkan kata kunci: Fumilikuid atau Panca Prima Wijaya atau mengunjungi langsung website pancaprimawijaya.com atau obatfumigasi.com

Informasi Lainnya