oleh

4 Cara Membasmi Kutu Putih di Gudang Penyimpanan Komoditi Pangan

Kutu putih (kutu kebul) dikenal sebagai hama serangga yang sering menyerang tanaman hias, salah satunya aglonema. Tidak hanya menyerang tanaman hias saja, kutu putih juga bisa merusak komoditas pangan yang tersimpan di gudang. Karena hidup bergerombol, cara membasmi kutu putih harus dilakukan secepat mungkin agar tidak menurunkan kualitas maupun mutu hasil pangan.

Biasanya kutu putih hidup bersembunyi di bagian sela-sela sehingga sulit terlihat oleh mata. Cara membasmi kutu putih pun tidaklah mudah, karena mereka termasuk hama yang cepat dalam berkembang biak dan bisa menular ke hasil komoditi lainnya.

Cara Ampuh Atasi Hama Kutu Putih / Kutu Kebul

Supaya komoditi pangan di gudang bisa terhindar dari kutu putih, berikut 4 cara membasmi kutu putih yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Cek Area Gudang Apakah Ada Retakan

Cara membasmi kutu putih ini bisa dilakukan agar mereka tidak bersarang pada bagian retakan di gudang, baik itu di dinding, lantai, teras, palet, maupun kayu-kayu. Apabila ada retakan, Anda bisa langsung menutupnya, misalnya dengan cara menutup retakan-retakan menggunakan dempul, semen, atau lainnya.

2. Memasang Perangkap di Gudang

Cara membasmi kutu putih yang satu ini terbilang mudah. Pasalnya Anda hanya perlu memasang perangkap berbentuk kertas karton berwarna kuning dan memiliki tekstur yang lengket. Dengan tekstur tersebut, kertas ini mampu membuat serangga di sekitarnya yang hinggap menjadi terperangkap dan tidak bisa lepas.

Perangkap dipasang dengan cara menggantungkannya di sekitar komoditi pangan. Biasanya kertas karton ini sering digunakan sebagai perangkap lalat. Sehingga jika digunakan untuk menangkap kutu kebul, maka hanya menjaring kutu dewasa saja. Sementara kutu putih muda atau yang belum bersayap sulit untuk terperangkap ke permukaan kertas yang lengket.

Akan tetapi, pemasangan perangkap di gudang juga perlu dihitung biaya pengeluarannya, apakah sebanding dengan banyaknya komoditas pangan yang disimpan. Untuk komoditi dengan skala rumah tangga, mungkin Anda bisa melakukan cara ini.

3. Menjemur Komoditi Pangan di Bawah Terik Matahari

Kutu putih sangat lemah dengan suhu panas, oleh karenanya Anda bisa mengeluarkan hasil panen secara berkala dari tempat penyimpanan untuk dijemur di bawah sinar matahari langsung. Ini bisa menjadi cara ampuh untuk membasmi kutu putih secara alami.

Kutu putih dapat merusak hasil pangan dengan meninggalkan bercak-bercak putih dan telur kutu yang menempel. Sambil dijemur, Anda pun bisa membersihkan bercak putih yang ditinggalkan kutu kebul.

4. Melakukan Sanitasi

Sanitasi merupakan metode pembasmian kutu kebul menggunakan insektisida berbentuk cairan pada lantai, dinding, teras, kayu, dan pelat yang ada di gudang. Sanitasi umumnya dilakukan dengan 2 cara, yakni dengan pengasapan atau penyemprotan.

Insektisida yang recommended untuk sanitasi adalah Silogud 250 EC. Untuk dosis Silogud yang digunakan pada pengasapan berbeda dengan penyemprotan. Anda bisa mengecek cara penggunaan yang tertera di dalam panduan penggunaan atau kemasan Silogud.

Keunggulan dari insektisida ini tidak meninggalkan noda dan bau setelah proses pembasmian kutu. Sehingga setelah dilakukan pengasapan atau penyemprotan, karyawan bisa langsung bekerja di dalam gudang. Tak hanya itu saja, insektisida ini mampu membunuh kutu yang kebal (resisten). Sehingga sangat cocok untuk membasmi kutu putih yang hinggap di komoditi skala besar.

Informasi Lainnya