Skenario Perawatan Arsip dengan Metode Fumigasi

Fumigasi154 views

Perawatan Arsip dengan Tindakan Fumigasi Arsip

Fumigasi arsip menjadi sesuatu yang direkomendasikan sebagai salah satu cara untuk perawatan arsip. Baik itu gudang arsip di perusahaan, pemerintahan, dan juga perpustakaan.

Itu karena dokumen sangat penting dijaga keberadaannya. Apalagi menyangkut dokumen – dokumen penting.

Tindakan fumigasi diperlukan untuk memaksimalkan perawaran terhadap arsip. Sebab hama pengganggu arsip dengan tindakan perawatan lainnya belum tentu mendapatkan hasil maksimal.

Tindakan fumigasi sendiri untuk membunuh hama-hama yang sudah terlanjur bersarang atau sulit diatasi dengan tindakan pembersihan dan juga perapihan.

Sebab, dengan fumigasi arsip dilakuan dengan cara pelepasan gas yang sifatnta bisa menjangkau seluruh bagian ruangan arisp dan juga celah tempar bersembunyinya hama pengganggu arsip.

Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan perusahaan profesional. Sebab, kegiatan fumigasi memiliki tata cara sendiri dan juga pelaksananya harus tersertifikasi.

Salah satu perusahaan yang bergerak dalam kegiatan fumigasi arsip yakni PT Panca Prima Wijaya.

Tindakan Perawatan Sebelum Dilaksanakan Fumigasi Arsip

Dalam menjaga dan merawat arsip, harus memperhatikan beberapa hal penting. Sebab, fumigasi arsip merupakan tindakan akhir atau penyempurna kegiatan untuk menjaga keberadaan arsip itu sendiri.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :

  1. Memperhatikan Pengaturan Ruangan

Ini merupakan langkah awal dalam perawatan arsip, selain berfungsi untuk memudahkan dalam mengetahui keberadaan arsip, juga untuk memudahkan kita dalam membersihkannya. Ada empat hal yang perlu diperhatikan pada tindakan ini.

Pertama, adalah bagaimana memastikan suhu ruangan ideal untuk keberadaan arsip. Itulah mengapa ada suhu standar untuk keamanan arsip yakni 60 – 75 derajat fahrenheit.

Kedua, ruangan harus dipastikan terang. Terang dalam hal ini tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Ketiga, ruangan arsip harus memiliki ruang ventilasi yang merata.

Keempat, terhindar dari kemungkinan adanya serangan api, air, serangga, secara langsung.

  1. Memperhatikan Tempat Penyimpanan Arsip

Jika ruangan telah standar, maka yang perlu diperhatikan berikutnya adalah tempat penyimpanan atau peletakan arsip itu sendiri. Sebab, dibutuhkan cela udara di anatar arsip agar sirkulasi udara tetap baik dan juga bisa mendapatkan kelembapan udara yang ideal.

  1. Menetapkan Larangan Tetap dalam Ruang Arsip

Jika Anda memiliki ruang arsip, ada dua hal yang tidak boleh dilakukan di ruangan tersebut untuk menjaga keamanan arsip itu sendiri. Dua larangan ini harus dipatenkan, baik bagi pengunjung dan juga pengelola arsip itu sendiri.

Larangan itu meliputi, dilarang makan dan juga membawa makanan di ruang arsip. Kemudian dilarang merokok di ruang arsip. Dua tindakan ini tentu kita ketahui bersama bagaimana bahayanya terhadap arsip.

  1. Kebersihan Ruangan

Untuk satu hal ini tentulah sangat wajib penerapannya pada ruang arsip. Sebab ruangan tak bersih begitu juga dengan arsip yang tidak bersih akan mengundang hama penganggu yang bisa berakibat fatal terhadap arsip.

  1. Penggunaan Bahan Pencegah Rusaknya Arsip

Untuk satu ini, di dalamnya sudah termasuk dalam kegiatan fumigasi arsip. Sebab, kegiatan fumigasi menjadi salah satu kegiatan penyelamatan ketahanan arsip itu sendiri.

Pada kegiatan fumigasi arsip sendiri, seperti sudah dituliskan di atas, harus bekerja sama atau menggunakan jasa fumigasi arsip profesional dalam melakukannya.

PT Panca Prima Wijaya sendiri telah dipercaya dapat melaksanakan kegaiatan fumigasi arsip dengan baik dan juga perusahaannya telah resmi terdaftar sebagai perusahaan fumigasi resmi di Indonesia.

Kembali ke poin lima, dalam pelaksanaan fumigasi arsip bahan kimia yang digunakan direkomendasikan yang dapat menjaga keamanan arsip itu sendiri.

Di sini, PT Panca Prima Wijaya dalam melakukan fumigasi arsip menggunakan fumigan yang paling baik dan juga ramah lingkungan. Fumigan yang digunakan yakni Fumilikuid yang berbahan aktif Fosfin 2 persen dan juga karbondioksida 98 persen.

Hubungi Kami untuk Kegiatan Fumigasi Arsip

Untuk mendapatkan pelayanan dari kami dalam kegiatan fumigasi arsip, Anda bisa menghubungi layanan kami pada laman website obatfumigasi.com dan atau bisa menghubungi nomor Whatsapp yang tertera.

Ada baiknya, ketika menggunakan layanan kami untuk kegiatan fumigasi arsip bisa menyertakan kode voucher PLP01 untuk mendapatkan harga spesial.

Kontak Panca Prima WIjaya

Semoga dengan menggunakan layanan fumigasi arsip kami, semua kekhawatiran Anda terhadap kerusakan arsip bisa teratasi. (*)