oleh

Manfaat dan Cara Mengolah Jahe Merah Untuk Kesehatan

-Pertanian-195 views

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita yaitu dengan mengonsumsi Tumbuhan yang memiliki banyak khasiat salah satunya yaitu tanaman jahe, jahe ini memiliki banyak jenis namun ada salah satu jenis jahe yang sangat berkhasiat yaitu jahe merah.

Jahe merah ini banyak dicari oleh kalangan masyarakat indonesia karena  mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, apalagi pada masa pandemi ini kita mungkin mencari obat herbal untuk menjaga stamina tubuh kita agar terhindar dari penyakit. Jahe merah ini memiliki rasa yang sangat pedas serta hangat untuk itu jahe merah ini digunakan sebagai obat tradisional.

Itulah masyarakat indonesia banyak menggunakan keunggulan ekstraksi jahe merah ini sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh. Bahkan orang diluar asia pun menginginkan jahe merah ini karena jahe merah ini hanya tumbuh di indonesia saja dan di jadikan sebagai rempah – rempah obat herbal.

Lantas apa sajakah manfaat jahe merah untuk kesehatan? jadi, jahe merah ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini manfaat dari jahe merah.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Mengurangi rasa nyeri akibat haid

Ini salah satu manfaat dari jahe merah, dengan mengonsumsi obat herbal jahe ini dapat mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi yang sering dialami oleh wanita. Dengan mengomsumsi obat herbal dalam dua hari pada awal masa menstruasi dengan meminum minimal 4 gelas saja yang dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Menjaga stamina tubuh

Manfaat lainnya yaitu dengan mengonsumsi jahe ini dapat menjaga stamina pada tubuh. Karena kandungan yang terdapat pada jahe ini sangat mampu untuk menjaga ketahanan pada tubuh, kandungan yang terdapat di jahe ialah gingerol dan shogaol yang berperan sebagai antioksidan untuk tubuh.

Mengobati masalah pada pencernaan

Selain itu jahe dapat mengobati masalah pecernaan pada perut, dengan mengonsumsi secara rutin maka akan terhindar dari masalah pencernaan karena jahe ini dapat menghasilkan kehangatan, maka itulah yang dapat meredakan perut anda.  jahe ini bersifat antibekteri yang dapat melawan bakteri jahat yang masuk ke dalam perut dengan mengonsumsi jahe dapat mengatasi masalah pencernaan.

Dapat menurunkan glukosa darah sampai kolestrol

Dengan rajin meminum jahe merah ini dapat menurunkan gula darah serta kolestrol secara signifikan dan dapat meningkatkan  lemak baik (HLD) dengan cara mengonsumsi secara rutin.

Bagaimana sudah kah kalian mengetahui manfaat jahe merah. Dengan begitu kamu dapat mengonsumsi jahe merah ini secara rutin setiap hari agar kamu dapat merasakan manfaat  dari jahe merah ini.

Untuk itu kami akan memberikan cara untuk mengolah jahe merah dengan mudah dirumah. Berikut ini cara pengolahan dari jahe merah.

Bahan – bahan :

  • Siapkan 100 gram jahe merah
  • 1 ruas kayu manis
  • 1 batang serai
  • 3 sdm gula jawa, di haluskan
  • Siapkan 400 ml air

Cara mengolah :

  • Pertama-tama gepreklah jahe dan batang serai terlebih dahulu.
  • Kemudian, rebuslah air sampai mendidih, setalah mendidih masukkan jahe beserta serai dan kayu manis.
  • Lalu rebus air sampai sedikit berkurang, setalah itu masukkan gula jawa.
  • Jika sudah tercampur rata matikan kompor dan siap di sajikan.

Bagaimana anda sudah tahu bukan manfaat dan cara pengolahan jahe merah ini. Jadi, anda dapat mengolah jahe merah di rumah dengan mudah. Dan ingat selalu rutin untuk meminum jahe merah ini yah, agar dapat merasakan manfaatnya. Informasi lebih lengkap bisa kamu lihat di PT. Panca Prima Wijaya. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menjaga keehatan tubuh.

Informasi Lainnya