oleh

7 Manfaat Tanaman Porang

Pernahkah anda mendengar tentang tanaman porang? Tanaman porang adalah salah satu umbian yang tumbuhnya di daerah tropis dan subtropik. Nama latin porang adalah Amorphophallus Oncophyllus Prain. Porang ini belum banyak yang membudidayakan karena tanaman ini seperti semak yang tumbuh liar dibawah rumpun bambu, hutan atau di tepi sungai. Meskipun umbi porang ini tumbuh di tempat yang lembab ternyata memiliki sifat yang rendah kalori sehingga sangat berguna sebagai makanan diet.

Tahukah anda bahwa tanaman porang ini termasuk dalam famili Araceae karena pada awalnya ditemukan di daerah yang tropis seperti di amerika. Namun  dengan seiringnya berjalannya waktu tanaman porang ini tersebar di daerah iklim yaitu china dan jepang.

Lalu tanaman porang ini terus menyebar di myanmar, thailand dan indonesia. Secara morfologi tanaman porang ini memiliki batang yang cukup tegak, lunak dan halus serta warna batangnya berwarna hijau atau hitam dengan bercak putih.

Tanaman porang ini sekarang sudah menjadi komoditi ekspor andalan baru dari indonesia. Dan sekarang ini sudah menjadi permintaan ekspor untuk tanaman porang hingga di ketahui kian meningkat. Tanaman porang ini ternyata memiliki aroma yang kurang baik yang sekarang mulai digandrungi dan dibudidayakan di sektor pertanian.

Tanaman ini juga mengandung nutrisi yang bagus untuk kesehatan dan ternyata dimanfaatkan sejak zaman penjajahan jepang itulah tidak heran mengapa tanaman ini terus meningkat.

Manfaat Tanaman Porang

Dan ternyata tanaman porang ini memiliki banyak manfaat. Lantas apa sajakah manfaat umbi porang ini. Berikut ini.

Dapat mengatasi masalah sembelit

Ternyata tanaman porang ini juga dapat mengatasi sembelit loh. Karena tanaman porang ini memiliki senyawa Glukomanan konjac yang diekstrak dari Porang yang bisa membantu mengatasi masalah sembelit kronis. Dengan suplemen glukoman ini dapat bekerja secara efektif untuk mengobati konstipasi pada anak dan orang dewasa kandungan itulah yang dapat mengatasi masalah susahnya untuk buang air besar.

Dapat dijadikan sebagai bahan industri

Umbi porang ini juga kerap dijadikan sebagai bahan industri yang dimana dikutip dari laman Balitkabi, bahwa tanaman porang ini  mengandung senyawa glukomanan hasil dari ekstraksi porang yang sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan industri kimia, farmasi dan pangan.

Contohnya Konyaku dan shirataki ini dijadikan sebagai produk makanan yang berasal dari tanaman porang selain itu dijadikan sebagai produk berupa roti, es krim, permen dan masih banyak lagi.

Sementara tanaman porang diindustri kimia dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan lem, cat tembok dan pelapis kedap air. Tanaman porang ini diketahui memiliki kandungan konjac yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran pembuatan kertas.

Dapat dijadikan sebagai bahan obat – obatan

Tanaman porang ini memiliki kandungan KGM yang sangat bermanfaat didunia kesehatan. Yang dapat dijadikan sebagai bentuk kapsul obat – obatan dengan memanfaatkan kandungan pada tanaman porang.

Dapat menurunkan kadar gula darah

Tanaman porang dengan senyawa diketahui bahwa sangat efektif untuk menurunkan kadar gula darah yang dimana dapat membantu menurunkan resiko pada kolestrol yang tinggi dan diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Dan sangat dipercaya untuk meningkatkan penyerapan nutrisi didalam usus kecil. Dengan begitu dapat mencegah pembentukan plak didalam pembulu darah.

Mengatasi alergi

Tanaman porang ini juga diketahui bahwa sangat efektif dapat mengatasi masalah alergi karena tanaman porang ini memiliki senyawa glukomanan. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian yang sangat mendalam untuk menguji manfaat tanaman porang dalam mengatasi alergi.

Dapat menurunkan berat badan

Tanaman porang ini ternyata dapat menurunkan berat badan. Salah satunya dijadikan sebagai bahan pangan yang sangat populer untuk orang yang ingin melakukan diet yaitu shirataki. Diketahui bahwa tanaman porang ini dijadikan sebagai bahan campuran pembuatan shirataki yang mempunyai senyawa glukomanan dan dinilai sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dan fakta yang sangat menarik bahwa didalam tubuh tetap menjaga kandungan kalsium dan zat besi saat melakukan penurunan berat badan. Dengan memperlambatkan pengosonga perut dan mempercepat rasa kenyang.

Dapat mencegah penyakit kanker

Tanaman porang ini dapat dijadikan sebagai bahan makanan untuk membantu pencegahan penyakit kanker paru – paru. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki terbukti efektif untuk menghambat pertumbuhan kanker dan zat prakanker.

Itulah manfaat dari tanaman porang yang dimilikinya. Semoga dari penjelasan diatas dapat membantu.