oleh

Inilah Waktu Yang Dianjurkan Untuk Melakukan Fogging

-Insektisida-103 views

ARTIKELPOST.ORG – Tahukah anda fogging merupakan teknik  yang digunakan dalam membasmi serangga yang menggunakan penyemprotan pestisida murni yang diarahkan ke sebuah pompa udara atau menggunakan alat yang menghasilkan asap atau uapan.

Kata fogging itu sendiri memang tidak ada di dalam kamus bahasa indonesia maka kata fogging itu dapat diartikan sebagai pengasapan.

Di indonesia fogging dilakukan dengan menggunakan alat yang sederhana. Namun itu petugasnya pun tidak boleh sembarangan. Sebab orang yang bisa melakukan fogging harus memiliki keahlian yang khusus.

Yang harus disiapkan dalam proses fogging

Perlu di ketahui sebelum melakukan fogging maka kamu  harus menyiapkan keperluan yang digunakan pada saat proses fogging.

Lantas apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan fogging?

Pertama, Yang harus kamu lakukan yaitu dengan melakukan pengecekan peralatan sebelum digunakan untuk fogging terlebih dahulu. Perlu di perhatikan bahwa orang yang menggunakan alat ini harus paham betul cara penggunaannya sehingga orang tersebut benar – benar merasakan manfaat dalam melakukan fogging.

Kedua, kamu juga harus memperhatikan dosis obat yang akan digunakan di dalam alat fogging nantinya. Maka Dengan begitu dosis yang tepat bisa membunuh serangga seperti nyamuk  tersebut. Jika dosisnya kurang tepat maka hanya akan membuat nyamuk tersebut pingsan sesaat kemudian akan kembali terbangun menyebarkan virus dengan begitu nyamuk tersebut tidak akan benar – benar mati dan hanya saja fogging ini akan mengganggu saluran pernapasan orang – orang yang ada disekitar. Pemilihan obat fogging juga sangat berpengaruh, sebaiknya gunakan obat fogging paling ampuh bunuh nyamuk seperti Silogud 250 EC.

Untuk melakukan fogging lakukannlah pada saat nyamuk – nyamuk tersebut bangun dari tidurnya. Waktu yang tepat untuk melakukan fogging yaitu pada pukul 07.00 pagi sampai pukul 15.00 sore hari.  Jika pengasapan dilakukan terlalu pagi atau terlalu sore, maka akan sangat tidak efektif sebab nyamuk akan berada di tempat persembunyiannya atau jauh dari jangkaunan pengasapan.

Ulangilah proses pengasapan dalam satu minggu kemudian. Tujuannya agar memberantas jentik nyamuk yang mulai berkambang dari minggu pertama.

Pastikanlah untuk memberikan informasi kepada masyarakat setempat agar mempersiapkan rumahnya untuk melakukan fogging. Dengan begitu mereka akan membuka semua pintu kamar dan bak sampah yang dijadikan sebagai sarang perkembangbiakan dari nyamuk.

Itulah yang harus kamu siapkan sebelum melakukan fogging yang perlu kamu perhatikan. Untuk itu dalam melakukan fogging ada waktu yang tertentu sebelum melakukan fogging.

Waktu yang dianjurkan dalam melakukan fogging

Sembelum melakukan proses fogging maka kamu harus memperhatikan waktu yang dianjurkan dalam pelaksanaan fogging atau pengasapan.

Dalam pelaksanaan fogging tidak dapat dilakukan secara fokus. Dalam kegiatan itu hanya dapat dilakukan dalam radius 200 meter, minimal 2 kali dalam jeda waktu satu minggu. Tujuannya agar memberantas seluruh nyamuk dewasa yang baru melewati masa pertumbuhannya.

Perlu kamu ketahui bahwa sasaran fogging sebenarnya yaitu hanya memberantas nyamuk dewasa saja, bukan membunuh jentik – jentik nyamuk aedes aegypti. Itulah mengapa orang menganggap bahwa melakukan pengasapan tersebut tidak terlalu efektif. Namun sebenarnya mereka memang hanya membunuh nyamuk dewasa kemudia mereka akan melakukan fogging kembali setelah 1 minggu tujuannya untuk membunuh nyamuk yang mulai tumbuh dewasa.

Dalam teknik fogging atau pengasapan pun tidak dapat dilakukan jika suatu daerah tidak memenuhi kriteria. Syaratnya yaitu bahwa di dearah itu telah diagnosa adanya pengidap penyakit demam berdarah, atau minimal ada 3 orang yang mengidap penyakit tersebut di dalam lingkungan sekitar rumah dalam radius 100 meter.

Apabila telah memenuhi kriteria, maka fogging dapat dilakukan. Waktu yang baik untuk melakukan fogging yaitu pada pukul 07.30 sampai 11.00 dan pukul 14.00 sampai 17.00. ini dilakukan karena nyamuk aedes aegypti sedang aktif pada waktu tersebut. Apabila tidak dilakukan dengan tepat waktu maka itu akan membuat nyamuk semakin kebal terhadap insektisida.

Itulah beberapa penjelasan tentang waktu yang tepat untuk melakukan fogging dan juga jika ingin mengetahui obat fogging nyamuk lebih lanjut, dapat mengunjungi pancaprimawijaya.com. Dari penjelasan diatas semoga kamu dapat memahaminya dan membantu.

Informasi Lainnya