Fungsi Mengukur Kadar Air Pada Biji Beras

Pertanian238 views

Ukur Kadar Air – Untuk menghasilkan beras dengan kualitas yang baik, perlu memperhatikan dalam proses tanam hingga proses panen. Sebab hal itulah yang dapat menentukan kualitas beras menjadi baik untuk bisa dikonsumsi.

Namun, ada hal yang perlu anda perhatikan dalam proses panen sebaiknya melakukan pengukuran pada kadar air beras. Para petani wajib melakukan pengukur kadar air pada beras maupun biji-bijian lainnya, karena kadar air inilah yang dapat mempengaruhi kondisi dan mutu pada beras.

Jika tidak melakukan pengukuran kadar air pada beras maupun bijian lainnya, maka hasil panen tersebut akan cepat rusak dan kualitasnya pun tidak bagus, hal ini akan membuat para petani mengalami kerugian yang cukup besar.

maka dari itu, para petani wajib melakukan pengukuran kadar air pada beras baik itu dalam waktu penuaian, pengeringan maupun pada proses penyimpanan.

Alat ukur kadar air beras

Mengukur kadar air pada beras maupun bijian memang sangat wajib dilakukan bagi para petani agar hasil panen seperti beras, jagung dan biji-bijian lainnya dapat menghasilkan kualitas yang baik dan tidak mudah rusak.

Disamping itu, anda juga dapat mengetahui kelembaban dari biji-bijian tersebut dengan menggunakan alat ukur kadar air.

Untuk mengukur kadar air pada beras maupun biji-bijian anda bisa memilih alat ukur kadar air dari PT. Panca Prima Wijaya yang sangat efektif, canggih dan praktis yaitu SHIZUOKA SEIKI COMET CD-6E. Shizuoka seiki comet CD-6E ini sudah menjadi pilihan nomor satu untuk para petani, yang mana alat ini sangat efektif, canggih dan praktis dalam mengukur kadar air pada beras.

Selain itu, alat ukur kadar air SHIZUOKA SEIKI COMET CD-6E ini adalah buatan dari jepang dengan menggunakan teknologi yang canggih untuk bisa mendeteksi kadar air pada beras maupun biji-bijian.

Alat ukur shizuoka seiki ini bukan cuman pada beras saja yang dapat digunakan, tetapi ada 13 jenis biji-bijian dapat diukur kadar airnya yaitu kedelai, jagung, gandum, gabah, biji rapa dan masih banyak lagi.

produk fumigasi dan alat sortasi dan grading

Kelebihan alat ukur kadar air beras

Selain itu, alat ukur kadar air shizuoka seiki ini memiliki kelebihan, yang mana alat ukur ini dapat mendekteksi kadar air pada bijian atau beras mulai dari range terendah sampai range tertinggi. Karena alat ini mampu mendeteksi berbagai jenis biji-bijian yang mana mempunyai volume dan conversation display yang sudah disematkan ke dalam alat ukur tersebut. Maka tak diragukan lagi dengan cara kerja alat ukur kadar air ini yang memiliki fitur canggih dimilikinya sehingga sangat praktis untuk digunakan.

Tak hanya itu saja, alat ini juga dilengkapi dengan LCD yang memiliki backlight yang terang dan jelas serta hemat energi, dilengkapi dengan kalibrasi mutipoin, dan menggunakan tenaga baterai AA yang mudah didapatkan.

Untuk menggunakan  shizuoka seiki anda harus mengetahui data teknis dari alat ukur tersebut yaitu :

  • Batas ukur 0-40 persen
  • Waktu pengukuran 10 detik
  • Suhu ruang kerja 0-40 derajat
  • Sumber daya yaitu 4 baterai kaline atau 9v dc adaptor
  • Mempunyai layar lcd dengan backlight yang terang
  • Berat 910 gram

Itulah alat ukur kadar air buatan jepang SHIZUOKA SEIKI yang bisa didapatkan pada PT. Panca Prima Wijaya. Gunakan alat ukur shizuoka seiki yang sangat canggih dan efektif dalam mengukur kadar air pada beras yang bisa anda miliki agar beras dan bijian lainnya dapat menghasilkan kualitas dengan baik.