Cara Mencegah Kutu Beras Di Gudang Penyimpanan

Cara Mencegah Kutu Beras – Kutu beras sering menyerang dan merusak kualitas serta gizi dari beras, sehingga beras tersebut menjadi tak layak di jual maupun di konsumsi. Jika, hal tersebut terjadi para petani pun juga akan mengalami kerugian yang cukup besar pada hasil panen yang disimpan dalam gudang penyimpanan beras.

Kutu beras tersebut berasl dari serbuk halus beras yang berupa tepung. Dari tepung inilah yang akan menetaskan telur kumbang kemudian menjadi kutu dewasa. Kutu tersebut dapat bertahan hidup di dalam beras dengan waktu yang cukup lama melalui zat gizi yang dihisap yang terkandung didalam beras tersebut. Sehingga beras tersebut kehilangan nutrisi yang ada pada beras dan rasa serta warnanya pun akan berupa.

Munculnya kutu beras dapat terjadi akibat dari tempat penyimpanan yang kurang baik. Saat anda hendak menyimpan beras dalam gudang penyimpanan pastikan anda mensterilkan ruang tersebut sebelum beras di simpan. Jika, hal ini tidak di perhatikan maka bisa saja kutu beras atau hama lainnya yang sudah ada di gudang penyimpanan akan menyerang beras tersebut.

Maka anda perlu melakukan pencegahan dan pembasmian kutu beras pada gudang penyimpanan untuk menjaga keamanan dan kualitas dari beras tersebut.

Cara menghilangkan kutu beras di gudang

Untuk mencegah kutu beras yang ada pada gudang penyimpanan beras bisa anda lakukan dengan cara sanitasi. Sanitasi merupakan salah satu cara yang dapat mengendalikan hama gudang penyimpanan pada beras. Karena cara ini dapat melindungi gudang penyimpanan dari munculnya hama atau kutu yang di akibatkan dari kondisi lingkungan yang sangat kotor.

Selain itu anda juga harus memastikan keamanan gudang yang harus dijaga dalam keadaan yang tertutup yang memungkinkan untuk hama luar yang sulit untuk memasuki gudang tersebut. Gudang penyimpanannya pun juga harus di jaga kebersihannya dan selalu memperhatikan tanda-tanda kemunculan dari sarang hama, celah maupun lubang yang ada pada dinding gudang.

Anda juga perlu melakukan sanitasi pada peralatan yang ada pada gudang penyimpanan beras untuk melindungi beras dari penularan hama/kutu yang ada pada peralatan yang kotor dan di penuhi oleh bakteri atau virus.

Gudang penyimpanan beras pun juga harus rutin menjalankan kebersihannya sebelum dan sesudah proses panen. Ini dilakukan untuk melindungi beras maupun biji-bijian dari tempat yang kotor dan juga dari kutu beras dari gudang penyimpanan sebelum beras tersebut di simpan.

Sanitasi punĀ  dilakukan dengan menggunakan insektisida yang berbahan kimia ampuh dan cepat dalam mencegah dan membasmi hama atau kutu beras. Salah satu insektisida yang wajib anda gunakan sebelum sanitasi yaitu produk Silogud 250 EC PT. Panca Prima Wijaya.

Untuk melakukan sanitasi anda sebaiknya menggunakan Obat Kutu Beras silogud 250 ec produk dari panca prima wijaya yang terbukti efektif dan cepat dalam membasmi kutu beras.

Cara menghilangkan kutu beras dengan cepat

Mengapa anda wajib menggunakan silogud? Sebab silogud ini aman untuk digunakan pada komoditi beras dengan memiliki formulai yang terkandung didalam silogud yang bersifat environmental friendly, karena silogud ini sama sekali tidak berbau dan juga tidak meninggalkan bekas noda di lantai maupun dinding gudang setelah penyemprotan selesai, sehingga para pekerja dapat langsung menjalankan pekerjaannya.

Pemakain silogud pun juga sangat efektif dalam membasmi kutu beras hingga hama resisten yang ada di sekeliling gudang komoditi pangan, karena silogud ini memiliki bahan aktif metil pirimifos yang sangat berbeda dengan bahan aktif merk lainnya.

Silogud ini pun juga dilengkapi dengan hasil laporan uji efikasi dan uji residu di lembaga independen biotrop bogor dan tercatat resmi di kementerian pertanian. Jadi, silogud ini sudah aman untuk digunakan.

Baiklah itu dia cara mencegah kutu beras di gudang penyimpanan dengan melakukan sanitasi dengan pemakaian insektisida silogud 250 EC sudah menjadi solusi terbaik untuk para pertanian dalam melindungi komoditi pangan.