6 Cara Menyimpan Buah Agar Tahan Lama

Fumigasi53 views

ARTIKEL-PORTAL.NET – Apakah anda sering menyimpan buah baik dalam kulkas namun tak tahan lama? Sering kali anda menyimpan buah-buahan atau sayuran ke dalam kulkas guna untuk bertahan lama. Namun, cara ini justru sangat tidak efektif dan buahan yang disimpan pun jadi tidak segar atau tahan lama.

Sebab, cara menyimpan buah agar tahan lama perlu diperhatikan agar buah tersebut tidak kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Nah, agar buah awet ada beberapa cara menyimpan buah agar tahan lama, berikut ini.

Cara yang benar menyimpan buah agar bisa bertahan lama

1. Menyimpan di suhu ideal

Buah yang sudah di panen tetap membutuhkan oksigen untuk tetap bernafas dan membuang karbondioksida, Sehingga buah tersebut tetap segar. Jadi buah tersebut hanya bergantung pada suhu penyimpanan dan jenis buah.

apabila disimpan di suhu dingin, maka buah akan semakin rendah kemampuannya dalam bernafas. Sehingga penyimpanan buah tersebut akan semakin panjang atau tahan lama.

Namun  cara menyimpan buah agar tahan lama ini tidak semua buah bertahan lama di suhu dingin, ada pula buah yang sensitif pada suhu dingin.

2. Jangan mencuci buah

Cara menyimpan buah agar tahan lama yaitu saat ingin menyimpan sebaiknya hindari dulu mencuci buah. Salah satu faktor penyebab buah busuk atau rusak yaitu dengan mencuci buah saat ingin memasukkan ke dalam lemari pendingin.

Hal ini dapat merusak buah dimana buah tersebut akan meninggalkan banyak air sehingga menyebabkan menjadi lembab. Nah, dari kelembaban inilah yang akan menjadi pemicu terbesar dimana buah akan gampang membusuk saat di simpan.

Maka itu jika ingin menyimpan buah sebaiknya jangan mencucinya dulu. Apabila perlu dicuci anda mesti keringkan dulu sebelum dimasukkan ke dalam lemari pendingin.

3. Menjaga kelembaban buah

Semua jenis buah mengandung banyak air. Kandungan air inilah yang akan menjaga buah agar tetap segar. Namun, ketika buah sudah dipanen maka kandungan air yang dimiliki buah akan berkurang karena terjadinya penguapan.

Oleh karena itu, cara menyimpan buah agar tahan lama dengan benar yaitu selalu menjaga kelembaban buah agar tidak terjadi pembusukan. Caranya sangat mudah anda perlu memasukkan buah ke dalam plastik yang diberikan lubang.

4. Perhatikan wadah yang akan dipakai

Cara menyimpan buah agar tahan lama yaitu dengan memperhatikan wadah yang akan digunakan saat menyimpan buah. Sebelum menaruh buah ke dalam kulkas anda mesti memasukkan buah ke wadah plastik yag diberi lubang untuk ventilasi dari buah tersebut. Dengan cara menyimpan buah agar tahan lama yang satu ini dapat melindungi buah dari terkontaminasinya bakteri secara langsung sehingga buah tetap aman dan awet.

5. Jangan disimpan di suhu ekstrem

Cara menyimpan buah agar tahan lama yaitu menyimpan disuhu yang ideal. Jangan menyimpan di suhu yang terlalu rendah atau tinggi. Dengan suhu tersebut buah mudah rusak atau membusuk.

Jadi simpanlah  disuhu yang tidak terlalu dingin sesuaikan dengan jenis buahnya.

6. Melakukan fumigasi terhadap penyimpanan buah

Salah satu cara menyimpan buah agar tahan alam serta awet yaitu dengan cara fumigasi pada tempat penyimpanan buah.

Dengan melakukan fumigasi menggunakan FUMILIKUID 2 GA  dari panca prima wijaya maka buah yang disimpan akan tetap segar dan tahan lama. Misalnya agar Menjaga Kualitas Buah Lengkeng bisa bertahan lama.

Jadi saat anda sudah melakukan panen buah dan akan disimpan sebaiknya fumigasi terlebih dahulu ruangan penyimpanan buah tersebut. Dari fumigasi inilah dapat membantu penyimpanan buah tetap segar dan  awet.

Solusi terbaik untuk anda agar buah tetap tahan lama dan segar hanya anda pada FUMILIKUID 2 GA dari pancaprimawijya. Fumilikuid yang sudah terpercaya dan banyak digunakan oleh para petani untuk melindungi bahan pangan hasil panen dari segala macam jenis hama.

Inilah cara menyimpanan buah agar tahan lama dan segar, serta hemat biaya dan waktu. Jika anda ingin menggunakan fumilikuid untuk melindungi bahan pangan seperti beras, jagung, kacang-kacangan, buahan-buahan, sayuran dan masih banyak lagi.

Dapatkan fumilikuid di panca prima wijaya, jika ingin konsultasi mengenai pertanian dalam membasmi hama anda bisa menghubungi admin pada PT. Panca Prima Wijaya.