oleh

Cara Menjaga Kualitas Buah Lengkeng Dengan Baik

-Fumigasi-61 views

ARTIKEL-PORTAL.NET – Buah-buahan sangat wajib untuk kita konsumsi agar menjaga tubuh tetap sehat. Sebab di dalam buah-buahan terdapat senyawa yang mengandung di dalamnya. Maka dari itu, kita mesti mengonsumsi buah-buahan salah satunya yaitu buah kelengkeng.

Saat menyimpan buah-buahan perlu kita perhatikan. Apabila buah-buahan disimpan sembarang, maka kualitasnya akan mudah rusak dan tak layak lagi untuk di jual maupun di konsumsi. Maka dari itu, kita mesti menyimpan buah kelengkeng agar kualitasnya tetap terjaga dengan baik.

Ciri – ciri kelengkeng dengan kualitas yang baik

kelengkeng akan memiliki warna kulit yang terlihat coklat gelap, licin, terasa keras dan beraroma khas manis. Dengan ciri tersebut kelengkeng itulah yang memiliki kualitas yang baik untuk di konsumsi. Apabila buah kelengkeng terlihat berjamur dan di ujung buahnya mengeluarkan buas maka buah tersebut tidak layak di konsumsi dan buah tersebut juga kehilangan kualitasnya dan tidak segar lagi.

Tips menyimpan buah kelengkeng agar tetap segar

Agar buah kelengkeng tetap segar, maka kita mesti menyimpannya dengan benar. Apabila buah kelengkeng tidak di simpan dengan benar, maka akan menyebabkan buah kelengkeng tidak segar, mudah busuk dan kehilangan cita rasa buahnya lagi.

Untuk menyimpan buah kelengkeng agat terjaga kesegarannya, anda mesti menyimpannya di dalam suhu 5 hingga 7 derajat celcius di dalam kulkas dan akan bertahan selama 2 minggu.

Apabila buah kelengkeng di simpan di suhu yang kurang dingin atau lebih panas, maka buah tersebut akan cepat membusuk dan kehilangan kesegarannya.

Lakukan fumigasi di penyimpanan buah agar tetap segar

Agar buah-buahan selalu terjaga kesegarannya dan juga kualitasnya, maka kita mesti malakukan fumigasi terhadap buah-buahan tersebut. Untuk komoditi pertanian mesti menggunkan fumigasi yang aman dan efektif untuk digunakan pada komoditi pertanian seperti buah-buahan. PT. Panca Prima Wijaya menyediakan fumigan yang bisa di gunakan untuk fumigasi yaitu FUMILIKUID 2 GA.

Fumilikuid ini ampuh untuk mengatasi hama di gudang penyimpanan komoditi pertanian agar komoditi pertanian yang ada di gudang penyimpanan akan tetap terjaga kualitasnya sehingga tidak mudah rusak.

Fumigan ini juga sudah terbukti ampuh dalam mengendalikan hama resisten atau hama Rhyzopertha yang efektif dan cepat dalam membasminya melalui fumilikuid.

Mengapa harus menggunakan fumilikuid untuk di jadikan sebagai fumigasi? Fumilikuid ini sudah terbukti kemampuannya dalam mengendalikan hama gudang penyimpanan komoditi pertanian terutama buah-buahan agar buah tersebut tetap terjaga kesegaran dan kualitasnya.

Dalam penggunaan fumilikuid ini memiliki keuntungan yang luar biasa untuk di jadikan sebagia fumigasi yaitu:

  • Tidak dapat merusak kualitas atau zat gizi terhadap komoditi pertanian.
  • Tidak bisa merubah rasa, aroma dan juga warna pada komoditi pertanian.
  • Tidak meninggalkan residu, fumilikuid ini juga akan mudah menghilangkan bahan aktifnya melalui aerasi atau penganginan.
  • Cepat menuntaskan hama dalam 36 jam hingga ke fase telurnya.
  • Fumilikuid sangat aman untuk lingkungan dan tidak mudah merusak lapisan ozon sebab fumilikuid ini memiliki kandungan fosfin cair dan juga karbondioksida (CO2).

Nah, dari sini anda sudah paham mengenai fumilikuid yang dapat dijadikan sebagai fumigasi yang aman dan ampuh melindungi komoditi pertanian seeprti buah-buahan.

Selain itu fumilikuid ini memiliki kelebihan yang jauh berbeda dengan fumigan gas cair lainnya, yaitu:

  1. Fumilikuid ini tidak mudah terbakar.
  2. Pemakaian fumilikuid dalam melakukan fumigasi sangat cepat beraksi hanya dalam hitungan menit untuk bisa mencapai tingkat konsentrasi yang di perlukan, bukan dalam hitungan jam.
  3. Aplikasi dan kontrol yang mudah atau dosisnya sudah di sesuaikan untuk digunakan.
  4. Meningkatkan keamanan para pekerja.
  5. Fumilikuid tidak meninggalkan sisa atau residu.
  6. Tidak mudah merusak lapisan ozon.
  7. Mengandung karbondioksida di dalam bahan aktifnya yang bisa menjaga kesegaran pada komoditi pertanian atau buah-buahan.
  8. Sangat efektif mengendalikan hama resisten karena sudah diuji kemampuannya.
  9. Menyediakan hasil laporan uji efikasi dari lembaga independen biotrop bogor dan badan karantina pertanian.
  10. Dilengkapi MSDS dan juga certificate of analisyis, fumilikuid ini juga sudah resmi tercatat di kementerian pertanian.

Itulah cara agar selalu menjaga kesegaran buah-buahan terutama buah kelengkeng agat tidak rusak saat disimpan. Fumigasi sangat cocok untuk dilakukan sebagai pelindung komoditi pertanian agat tetap terjaga kesegaran dan kualitasnya.

Informasi Lainnya