Rekomendasi Alat Uji Mutu Beras Akurat

Pertanian312 views

Alat Uji Mutu Beras – Beras merupakan bahan pokok setiap manusia dan beras juga sangat penting untuk mempertahankan mutu dari beras. Masyarakat kini telah mengenal beberapa tingkatan mutu pada beras dari mutu peremium hingga medium yang mana sudah ditetapkan standarnya atau SNI. Jadi, penting bagi para petani untuk selalu mengukur derajat sosoh pada beras untuk menentukan kualitasnya.

Menurut kamus pertanian derajat sosoh merupakan persentase tingkatan terlepasnya lembaga atau lapisan kulit ari pada biji beras. Apabila ditetapkan pada SNI, maka derajat sosohnya diperbolehkan hanya 80 derajat dan tidak boleh terlalu rendah.

Jika derajat sosoh beras 0 derajat maka beras tersebut tidak disosoh sama sekali dan jika beras  derajat sosohnya 100 persen maka dalam penyosohannya telah terlepas semua lapiran perikarp, testa, aleuron dan lembaga dari butir beras pecah kulit.

Agar kualitas beras dapat menghasilkan dengan baik maka perlu mengukur derajat sosoh yang sudah menjadi syarat untuk menentukan tingkatan keputihan dari warna beras dan menjadi standar mutu beras.

Namun masyarakat masih saja mengukur derajat sosoh beras dengan mata dan hanya memperkirakannya saja. Namun untuk mempermudahkan anda dalam mengukur derajat sosoh, keputihan dan transparansi telah menghadirkan alat uji mutu beras yang wajib dimiliki setiap para pertanian.

produk fumigasi dan alat sortasi dan grading

Alat uji mutu beras terbaik

Sekarang para petani bisa mengukur sosoh, keputihan dan transparansi dari beras dengan menggunakan alat uji mutu beras yang sangat mudah dan akurat dan wajib anda miliki setiap para petani.

Jadi, anda tak perlu lagi mengukur derajat sosoh beras dengan hanya memperkirakan saja yang mungkin belum akurat dalam menentukan mutu beras.

Kini telah hadir alat uji mutu beras TRENOCCI TMD-2E yang dapat mengukur keputihan, transparansi dan derajat sosoh pada beras. Alat pengukur ini sangat canggih dan akurat dalam membaca hasil ukuran dengan menggunakan TRENOCCI TMD-2E yang mana alat ini dibuat dari negara italia.

Selain itu, alat ini sangat efisien dan akurat dalam mengukur beras, tak hanya itu alat ini juga praktis karena alat ini dapat secara langsung di print hasil pengetesannya.

Alat ini bekerja dalam membandingkan tingkatan pada warna beras dengan warna yang telah terinstal melalui mikroprosesor. Alat uji mutu beras Ternocci TMD-2E ini dapat mengukur yaitu :

  • Dapat mengukur tingkat keputihan 0 -9,99.
  • Mengukur transparansi atau mengukur kebeningan beras, 0-9,9.
  • Mengukur derajat sosoh, 0-199 (85 %, 90%-100%).

Dalam hasil ukuran dengan menggunakan alat uji mutu beras Ternocci TMD-2E ini akan langsung terkonversi dalam bentuk persen.

Jadi, untuk mengukur sosoh, keputihan dan transparansi pada beras agar memiliki kualitas beras dengan baik anda bisa menggunakan alat uji mutu beras Trenocci TMD-2E yang sangat praktis dan akurat.

Anda tak perlu ragu dalam menggunakan alat ukur sosoh beras Trenocci TMD-2E, karena alat ini telah terverifikasi oleh laboratorium pasca panen serealia kementerian pertanian indonesia. Alat ini juga sangat akurat dalam membaca hasil ukuran, selain itu alat ini juga sangat cocok dipakai untuk varietas beras di indonesia.

Kelebihan dari alat ini yaitu mampu membaca hasil derajat sosoh yang disesuaikan oleh SNI berupa persentase dalam range nilai 85%, 90%, 95% dan 100%.

Itulah, alat ukur sosoh beras yang dapat anda gunakan yang sangat praktis dan akurat untuk digunakan para petani.

Untuk mendapatkan alat uji mutu beras TRENOCCI TMD-2E bisa anda dapat hanya melalui situs panca prima wijaya. Selain akurat dan berkualitas alat ini juga sangat praktis karena trenocci TMD-2E ini dapat terhubung secara langsung melalui print untuk mempermudahkan dalam mencetak hasil ukuran tersebut.