Mudah Dilakukan! Begini Cara Agar Mengurangi Residu Pestisida

Pestisida ini berfungsi untuk membunuh hama atau hewan yang merusak tumbuh- tumbuhan. Maka dari itu para petani  sering menggunakan pestisida agar melindungi tanaman mereka seperti sayur-sayuran serta buah-buahan dari hewan yang merusak tanaman mereka yang disebut hama. Penggunaan pestisida ini membantu pertumbuhan tanaman mereka agar berkualitas bagus yang sesuai permintaan pasar.(Cara menjaga beras tidak berkutu)

Di samping itu, residu pestisida itu akan menimbulkan resiko bagi kesehatan serta lingkungan. Apa sajakah resikonya ? Resiko yang akan didapatkan dari residu pestisida bagi kesehatan manusia yaitu akan mengalami keracunan pada pernafasan, serta pencernaan sampai mengalami kematian.residu itu akan masuk kedalam saluran pencernaan yang dihasilkan pada makanan. (Cara menjaga beras tidak berkutu)

Namun itu  apabila kita keracunan pestisida akan tetapi efek tersebut tidak langsung muncul begitu saja. Tetapi akan terakumulasi didalam tubuh serta di rasakan dalam jangka panjang contohnya kerusakan pada ginjal serta mengalami kanker. Sedangkan resiko yang di dapatkan dari lingkungan bagi lahan pertanian itu sangat berdampak buruk bagi tanah serta sumber air yang sudah tercemar oleh residu pestisida.

Cara Mudah Mengurangi Residu Pestisida

Bisakah kita mengurangi residu pestisida yang sudah tercemar oleh sayuran serta buahan sampai batas aman untuk dikonsumsi? Ya tentu saja, kita dapat mengurangi residu pestisida yang sudah tercemar dan dapat dioleh secara aman. Cara ini sangat mudah dilakukan di rumah bagi anda yang telah membeli sayuran serta buahan di pasaran yang sudah tercemar residu tersebut. Apasajakah caranya ?

1. Mencuci dengan air mengalir

Cara ini paling banyak dilakukan karena mencuci sayuran serta buahan dengan air mengalir dapat mengurangi residu pestisida tersebut. Dengan mencuci pada air mengalir yang dilanjutkan pada pengupasan serta perebusan akan mengurangi residu yang terdapat pada sayuran dan buahan sampai 50-100%. Akan tetapi apabila kita melakukan perebusan pada sayuran serta buahan itu bisa merusak teksturnya.

2. Menggunakan garam dapur

Cara yang kedua juga bisa mengurangi residu pestisida yang sudah tercemar pada sayuran serta buah-buahan sebanyak 2 persen dari konsentrasi air garam dapat mengurangi residu  sebanyak 78 sampai 98 persen.

3. Menggunakan deterjen cair

Cara ini bisa hanya buah-buahan saja. Menggunakan deterjen cair food grade dinilai lebih signifikan yang bisa mengurangi residu pestisida pada sayuran dan buahan. Contohnya tomat dicuci menggunakan deterjen cair akan menunjukkan penurunan pada residu pestisida sampai 92%. Dengan menggunakan deterjen cair cara ini cukup efektif yang dapat mengurangi residu pestisida. Di karenakan deterjen dapat menguirangi pestisida yang tidak larut di air yang disebut lipolifik

4. Menggunakan asam cuka atau perasan jeruk nipis

Cara yang keempat bisa mengurangi residu pestisida dengan mencuci sayuran dan buahan. Caranya yaitu dengan melarutkan asam cuka atau jeruk nipis kemudian merendam sayuran dan buahan. Dengan larutan tersebut dapat mengurangi residu pestisida yang terdapat pada sayuran serta buah-buahan sampai 46,99%. Cara ini sangat mudah untuk dilakukan .

Nah, itulah cara untuk mengurangi residu pestisida yang tercemar pada sayuran serta buah-buahan. Cara itu sangat mudah untuk di lakukan di rumah. Dan anda juga perlu memilih sayuran dan buah-buahan yang sudah memiliki jaminan mutu produk seperti organik. Untuk menghindari residu pestisida yang terdapat pada sayuran  dan buah-buahan. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin hidup sehat.

Tinggalkan Balasan