Keunggulan Fumigasi dengan Fosfin Cair Dibanding Sulfuryl Fluoride

Fumigasi188 views

Kita tahu berama kalau negara – negara tujuan ekspor sudah banyak mempersyaratkan penggunaan fosfin cair sebagai fumigan. Khusus bahan pangan, tidak dianjurkan untuk melakukan fumigasi dengan sufluryl fluoride.

Dua jenis fumigan ini akan kita bandingnya keunggulannya dalam perlakuan fumigasi. Biar semua terang dan jelas, sebab keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Fumigan Sulfuryl Fluoride

Fumigan berbahan aktif sulfuryl fluoride (SF) pada umumnya digunakan terhadap komoditi kayu. Itu karena kemampuan SF bisa diserap kayu hingga ke dalam lapisannya.

Dari serangkaian uji fumigasi, diketahui jika sulfuryl fluoride mampu melakukan penetrasi terhadap kayu dengan kedalaman 20 cm.

Selain itu, sulfuryl fluoride juga banyak digunakan pada perlakuan fumigasi bangunan. Itu untuk mencegah timbulnya rayap pengganggu di kemudian hari.

Untuk pengaplikasiannya pada bahan pangan, sulfuryl fluoride dibatasi dan ketat dalam pengawasannya. Itu sebab, SF dapat meninggalkan residu terhadap bahan pangan seperti beras, jagung, tepung, biji – bijian, umbi – umbian, dan juga kacang – kacangan.

Selain manfaat, kita juga akan melihat dari sisi bahaya terhadpa manusia ketika  Sulfuryl Fluoride terpapar langsung.

Untuk bahayanya sendiri, karena sulfuryl fluoride yang sangat beracun, makanya bisa berakibat fatal. Jika pada dosis berbahaya, dampaknya hinga pada kematian.

Untuk dosis rendah, biasanya akan mengakibatkan kekakuan otot, tremor, dan kejang.

Fumigan Fosfin Cair

Nah, bedanya sulfuryl fluoride dengan fosfin cair cukup mencolok. Utamanya pada pengguannya sebagai fumigan bahan pangan.

Fumigasi fosfin cair paling direkomendasikan untuk pengaplikasiannya di produk makanan. Itu setelah dilakukan serangkaian uji dan dinyatakan aman.

Fosfin cair tidak meninggalkan residu pada bahan pangan seperti sulfuryl fluoride, kalau pun ada, dia akan hilang setelah dilakukan aerasi atau penganginan.

Sebab jumlah residunya terbilang sangat sedikit dan bahkan bisa disebut tidak ada yang menempel pada bahan makanan.

Selain itu, fumigasi menggunakan fosfin cair tidak merubah warna pada bahan pangan. Begitu pun dengan aroma atau bau aslinya.

Perlakuan fosfin cair sudah tentu fungsinya pada pengendalian hama juga sangat efektif. Itu untuk membasmi hama gudang.

Bukan hanya pada kutu dewasa saja, setiap fase pertumbuhan hama bisa dikendalikan dengan unsur kimia ini. Seperti fase pupa, larva, dan bahkan sampai ke fase telur.

Penggunaan fosfin disarankan banyak negara karena aman terhadap lingkungan. Juga tida merusak ozon.

Selain penggunannya pada bahan pangan, pada produk turunan fosfin cair masih bisa digunakan pada komoditi segar, begitu juga dengan kayu seperti kemampuan sulfuryl fluoride.

Itulah keunggulan dari fosfin cair yang sudah mulai diperdagangkan dan juga digunakan sebagai fumigan di Indonesia.

Produk Turunan Fosfin Cair

Saat ini, fosfin cair telah dibuatkan formulasi untuk pelaksanaan fumigasi. Itu dengan telah hadirnya Fumilikuid 2GA. Produk ini sudah mulai digunakan sebagai fumigan aman untuk komoditi ekspor.

Fumilikuid diketahui memiliki komposisi 2 persen fosfin cair (PH3) dan 98 persen karbondioksida (CO2). Perpaduan keduanya akan memberikan hasil maksimal dalam kegiatan fumigasi.

Tingginya kandungan karbondioksida pada Fumilikuid akan memberikan efek menjaga kesegaran terhadap bahan pangan.

Kemudian juga sebagai penghantar baik fosfin untuk melakukan kinerjanya dalam mengendalikan hama atau organisme pengganggu.

Fumilikuid memiliki keunggulan sebagai fumigan ramah lingkungan dan aman bagi bahan pangan setelah lulus uji efikasi di Biotrop Bogor.

Juga telah diakui dan terdaftar resmi di Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Untuk kelengkapannya, sudah disertai dengan dokumen MSDS dan juga memiliki sertfikat COA.

Beli Produk Fumilikuid di Sini

Untuk membeli Fumilikuid dalam penggunannya untuk fumigasi menggantikan sulfuryl fluoride, Anda bisa lansung mengubungi agen resminya di Indonesia yakni PT Panca Prima Wijaya.

Anda bisa langsung melakukan kontak dengan admin pada nomor whatsapp yang tersedia.

Kontak Panca Prima WIjaya

Satu lagi, Anda jangan lupa menyertakan kode voucher PLP01 untuk mendapatkan harga spesial dan juga potongan harga.

Semoga perbandingan fosfin cair dan juga sulfuryl fluoride ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam melakukan fumigasi. (*)