Kenali Jenis Hama Pada Kedelai Serta Metode Pengendaliannya

Insektisida63 views

ARTIKEL-PORTAL.NET – Kedelai merupakan tumbuhan kacang – kacangan ataupun sering diucap selaku kacang– kacangan yang jadi bahan pokok pangan di Indonesia. Seperti itu kenapa tumbuhan kedelai terus diupayakan produksinya bertambah di Indonesia. Begitu juga dengan pengendalian hama kedelai diupayakan semaksimal bisa jadi.

Informasi tahun 2022, mengatakan bila penciptaan kedelai Indonesia tidak dapat menggapai sasaran pemerintah ialah 710 ribu ton. Perihal ini pula dipengaruhi serbuan hama kedelai.

Dimana hasil penciptaan yang tercatat cuma setengahnya saja ialah 300 ribu ton dengan persentase dari taget 42 persen saja.

Hama kedelai sendiri jadi salah satu pemicu minimnya penciptaan kedelai dalam negara. Kita butuh mengenali tentang tipe– tipe hama kedelai yang sering melanda tumbuhan ini.

Tipe – Tipe Hama Kedelai

  • Ulat grayak (Prodenia litura)
  • Aphis spp (Aphis glycine)
  • Ulat polong (Etiella zinchenella)
  • Melano Agromyza phaseoli
  • Kumbang daun tembukur (Phaedonia inclusa)
  • Lalat kacang (Ophiomyia phaseoli)
  • Kepik hijau (Nezara viridula)

Hama Kedelai Ulat Grayak (Prodenia litura)

Hama kedelai satu ini umumnya terjalin secara tiba- tiba serta dalam jumlah besar. Itu dimulai dengan timbulnya kupu – kupu keabu – abuan.

Kupu – kupu inilah yang setelah itu hendak bertelur di tumbuhan kedelai serta dapat menciptakan telur dalam jumlah banyak menggapai 350 butir per kupu- kupu. Nah, telur inilah setelah itu yang tumbuh jadi ulat serta menyerah tumbuhan kedelai.

Indikasi universal yang disebabkan hama kedelai ini ialah kehancuran pada daun, hama kedelai ini berupa ulat hidup berkelompok, memakan daun, kemudian berpencar mencari tempat lain.

Hama Kedelai Aphis spp (Aphis glycine)

Hama kedelai ini ialah kutu berusia bercorak gelap dengan dimensi kira- kira 1- 1, 5 milimeter, terdapat yang bersayap serta terdapat pula tidak. Serbuan hama ini bisa menularkan tipe virus SMV( Soyabean Mosaik Virus). Akibatnya kurang baik karena melanda pada dini perkembangan serta masa perkembangan bunga serta polong kedelai.

Indikasi yang disebabkan hama ini ialah tumbuhan kedelai hendak layu dan pertumbuhannya terhambat.

Hama Kedelai Ulat polong (Etiella zinchenella)

Hama kedelai selanjutnya ialah ulat polong. Ulat ini bertelur di dasar permukaan daun buah.

Setelah itu, sehabis menetas, hama kedelai ini hendak masuk dalam buah muda sampai besar serta memakan buah muda kedelai.

Indikasi kemunculan hama kedelai

ini dapat dikenal pada buah yang ada lubang kecil. Kala buah masih hijau, poling baian luar kedelai hendak berganti warna, cek polong itu, bila ada ulat gendut hijau serta kotorannya hingga kedelai kamu terkena hama kedelai ulat polong.

Hama Kedelai Melano Agromyza Phaseoli

Hama kedelai ini lumayan beresiko. Tetapi kesempatan kemunculunnya lumayan kecil. Walaupun demikian wajib diwaspadai. Hama kedelai ini dimulai dengan lalat bertelur pada leher pangkal, setelah itu larva masuk ke dalam batang serta memakan isi batang. Umumnya hama ini melanda kedelai yang ditanam di ladang.

Hama Kedelai Kumbang daun tembukur (Phaedonia inclusa)

Hama kedelai satau ini bertubuh kecil, bercorak gelap bergaris kuning, serta bertelur pada permukaan daun. Indikasi serbuan hama ini dapat dikenal dengan nampak terdapat larva serta kumbang memakan daun, bunga, pucuk, dan polong muda. Apalagi, dapat pula melanda seluru bagian tumbuhan.

Hama Kedelai Lalat kacang (Ophiomyia phaseoli)

Hama kedelai satu ini melanda tumbuhan muda kedelai yang baru berkembang. Bila Kamu memandang tumbuhan yang baru berkembang mati, pasti hama inilah yang jadi penyebabnya.

Hama Kedelai Kepik hijau (Nezara viridula)

Jenih hama kedelai satu ini dapat dikenal ialah mempunyai panjang 16 milimeter. Hama ini bertelur di dasar permukaan daun, berkelompok, serta sehabis 6 hari telurnya hendak mentetas serta jadi nimfa ataupun kepik muda. Kamu memandang keberadaan hama kedelai ini di pagi hari, karena ia hendak terletak di atas daun, hama kedelai ini hendak melanda polong kedelai.

Pengendalian Hama Kedelai dengan Insektisida

Hama kedelai biasanya dapat dikendalikan dengan insektisida yang jitu. Nah, pada tulisan kali ini kita merekomendasikan SILOGUD 250 EC yang sudah teruji jitu membasmi segala hama pada tumbuhan kedelai.

Insektisida ini sanggup mematikan hama resisten sekalipun, dengan isi terbaik yang dimilikinya. Itu dibuktikan dengan sudah lewat uji laboratorium di Biotrop Bogor.

Tempat Pembelian Insektisida Pengendali Hama Kedelai SILOGUD 250 EC

Buat memperoleh insektisida tipe ini, Kamu dapat mendapatkannya di distributornya langsung di obatfumigasi.com. Di sana, Kamu dapat mengenali keampuhan dari SILOGUD 250 EC dalam pengendalian hama. Itu dengan berdiskusi langsung dengan adminnya.

Dalam melaksanakan pembelian, Kamu jangan kurang ingat menyertakan kode voucher PLP01 buat memperoleh potongan harga.(*)