Inilah Beberapa Kelemahan Dari Ulat Grayak

Insektisida146 views

Ulat grayak merupakan salah satu hama yang sering menyerang tanaman, hama ulat grayak ini menyerang pada daun tanaman dan membuat daun menjadi rusak. Bahkan untuk dampak besar, seringkali ulat grayak ini membuat petani mengalami gagal panen.

Biasanya ulat grayak menyerang tanaman seperti padi, jagung dan juga tanaman sayuran atau kacang – kacangan lainnya. Dengan serangan yang besar, tentu saja hama ini wajib menjadi perhatian khusus agar tanaman tidak dirusak olehnya.

Kelemahan dari ulat grayak ini sebenarnya cukup mudah jika kita sudah mengetahui tentang ulat grayak dan juga identifikasi dari hama tersebut. Mengetahui kelemahan dari ulat grayak nantinya akan membuat anda bisa lebih mencegah bahkan juga mengatasi masalah ulat grayak yang menyerang tanaman.

Namun sebelum mengetahui kelemahan dari ulat grayak, ada baiknya anda mengetahui dulu tentang ulat grayak, hal ini agar nantinya dapat menjadi acuan anda dalam penanganan dan pencegahannya.

Hama Ulat Grayak

Ulat grayak yang biasa menyerang tanaman jagung, padi dan juga kacang – kacangan ini memiliki populasi dan penyebaran yang besar. Namun perlu anda ketahui, meskipun ledakan populasi dari ulat grayak ini besar dan cepat, itu hanya terjadi dalam satu generasi saja.

Meskipun begitu, jika dibiarkan, maka dampak akibat yang ditimbulkan dari hama ulat ini sangat besar. Tercatat hama ulat grayak ini mampu mengurangi hasil produksi 10 hingga 20%. Bahkan terparahnya, anda dapat mengalami gagal panen.

Fakta menarik dari ulat ini adalah mempunyai daya migrasi yang sangat tinggi dimana imago ulat ini dapat terbang hingga 100km perjam dan juga 500 km sebelum meletakkan telurnya. Tentu saja dengan adanya bantuan angin, larva dapat menginvasi tanaman lain disekitarnya.

Kelemahan dari Ulat Grayak

Meskipun memiliki tingkat populasi yang tinggi dan juga penyebaran yang cepat, hama ulat grayak juga memiliki kelemahan. Kelemahan dari ulat grayak ini dapat anda terapkan dalam rangka mencegah maupun mengatasi hama ulat yang menyerang.

Kelemahan dari ulat grayak sendiri adalah rentan terhadap insektisida, bahkan karena populasi yang terjadi pada ulat ini hanya satu generasi saja, maka jika anda langsung segera membasmi ulat grayak dengan menggunakan insektisida maka penyebaran dan juga populasi dari ulat ini akan langsung berhenti. Dengan demikian anda dapat mencegah dan mengatasi hama ulat grayak secara efektif dengan mudah dan cepat.

Cara Pengendalian Ulat Grayak

Pengendalian ulat grayak perlu dilakukan agar tanaman dapat terbebas dari hama ulat yang meresahkan ini. Beberapa langkah pengendalian ulat grayak yang dapat dilakukan secara mandiri adalah :

  • Melakukan rotasi tanam guna untuk memutuskan daur hidup hama
  • Selalu melakukan pengolahan tanah dengan baik, karena biasanya terdapat kepompong hama yang berasal dari dalam tanah, agar mati terjemur oleh sinar matahari.
  • Penyemprotan insektisida ulat grayak untuk membasmi tuntas ulat hingga ke telurnya.

Insektisida Untuk Ulat Grayak

Salah satu rekomendasi insektisida ulat grayak paling ampuh yang bisa anda gunakan dengan mudah adalah Silogud 250 EC. Silogud 250 EC merupakan insektisida yang dapat membasmi hama ulat grayak bahkan sampai ke fase telurnya. Dengan penggunaan yang mudah dan reaksi yang cepat, insektisida ini dapat membantu anda dalam mengatasi masalah hama ulat grayak.

Silogud 250 EC ini juga telah terdaftar di Kementerian Pertanian dan juga telah di uji melalui Seameo Biotrop Bogor dan menyatakn bahwa Silogud 250 EC merupakan insektisida yang sangat efektif dalam membasmi hama.

Tidak hanya itu, Silogud 250 EC juga memiliki banyak keunggulan diantaranya :

  • Mampu atasi hama bahkan yang resisten / kebal sekalipun
  • Bahan aktif Metil Pirimifos yang aman untuk bahan pangan dan juga tidak meninggalkan bekas noda serta bau setelah penyemprotan
  • Dapat juga digunakan untuk membasmi kutu kebul, kecoa, semut, rayap dan juga serangga pengganggu lainnya.
  • Lebih mudah dalam penggunaannya serta lebih hemat.

Untuk mendapatkan insektisida Silogud 250 EC ini anda cukup mengunjungi website resmi dari PT. Panca Prima Wijaya di obatfumigasi.com atau melalui kontak whatsapp di nomor 0853-1320-0188.

Silahkan konsultasikan dahulu permasalahan anda ataupun tanya jawab terkait produk maupun pemesanan melalui kontak whatsapp yang tersedia.

Kontak Panca Prima WIjaya

Demikian artikel tentang beberapa kelemahan dari ulat grayak ini, semoga menjadi referensi terbaik anda dan juga membantu anda dalam mengatasi hama ulat grayak yang menyerang anda.