oleh

Anti Rusak dan Bau Apek, Ini Cara Simpan Tepung Beras yang Tepat

Berbagai jenis tepung digunakan dalam resep makanan lezat. Terutama di Indonesia, konsumsi tepung beras tiap tahunnya tidak pernah mengalami angka rendah. Menyediakan stok dengan menerapkan cara penyimpanan tepung beras yang tepat salah satu opsi terbaik.

Namun bagaimana cara penyimpanan yang tepat tersebut? Metode atau cara penyimpanan memang beragam. Namun ternyata ada cara sederhana namun tepat dilakukan agar stok tepung beras tidak cepat rusak bahkan bau apek.

Cara Penyimpanan Tepung Beras

Tepung beras memiliki karakteristik tersendiri. Walaupun sudah digiling halus tidak jarang partikel halusnya kembali menyatu dan menyebabkan gumpalan. Bahkan pada tempat penyimpanan tertentu tepung beras bisa bau apek bahkan cepat rusak. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Berikut Artikel Portal rangkum dari berbagai sumber.

  1. Simpan di Tempat Kedap Udara

Tempat penyimpanan menjadi penting karena berperan untuk menjaga kualitas tepung. Simpanlah tepung beras di tempat yang kedap udara. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan bau apek pada jangka waktu yang lama.

Gunakan juga tempat toples atau tempat kedap apa pun yang transparan dan tahan uap. Tempat yang transparan bisa digunakan agar lebih mudah memantau. Bila mana tepung mengalami penjamuran atau terlihat uap supaya langsung bisa di lap.

  1. Hindari Kontaminasi Air

Khususnya tepung beras, tepung jenis ini lebih mudah menyerap unsur air dari luar. Bila tepung terkena air pastinya akan menggumpal dan bila dibiarkan bisa mempercepat bau apek, rusak bahkan busuk.

Bisa dikatakan untuk menjaga tepung tetap bagus Anda harus bisa menghindari kontaminasi air dari tepung. Tidak hanya air hindari juga cairan lain seperti minyak atau bahan cair lainnya yang ada di dapur.

  1. Perhatikan Kebersihan Tempat

Tidak kalah penting, perhatikan kebersihan tempat penyimpanan. Sebelum menyimpan tepung tentu saja Anda harus memastikan tempat bersih dan tidak berbau. Untuk memastikannya lap wadah dengan permukaan kain lembut, kering juga tidak berbau.

Tidak hanya tempat penyimpanan tepung tapi juga tempat di sekelilingnya. Kemungkinan kontaminasi bisa saja datang dari sekelilingnya. Bersihkan permukaan tempat dimana tepung akan disimpan nanti. Baik di meja, lemari ataupun tempat simpan lainnya.

  1. Jangan Mencampur Tepung

Selanjutnya jangan pernah mencampur tepung beras dengan tepung lainnya. Sekalipun nantinya proses masak membutuhkan pencampuran beberapa jenis tepung sekaligus. Pencampuran tepung di awal penyimpanan bisa berakibat fatal.

Pencampuran nantinya hanya akan merusak kualitas tepung sekalipun Anda membeli tepung dengan kualitas terbaik. Tidak hanya itu, pencampuran juga hanya membuat tepung beras kehilangan sifat dan fungsi aslinya.

  1. Simpan di Tempat Bersuhu Rendah

Cara penyimpanan tepung beras yang terakhir yakni dengan menyimpannya di tempat bersuhu rendah. Penyimpanan di tempat kedap memang banyak membantu untuk menjaga kualitas tepung beras.

Namun bila disimpan di tempat bersuhu tinggi yang cukup panas nantinya akan meningkatkan potensi pengkristalan hingga pengembunan. Embun atau uap yang terbentuk nantinya bisa meresap ke tepung dan merusaknya. Jadi Anda lebih direkomendasikan untuk menyimpannya di suhu rendah.

Cara Sederhana Hilangkan Apek Tepung

Bila tepung terlanjur berbau apek jangan langsung membuangnya begitu saja. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau apek pada tepung beras. Cara ini dilakukan bahkan sejak jaman dulu. Cara yang bisa dilakukan diantaranya:

  • Menjemur tepung di tempat terbuka
  • Menyangrai tepung
  • Oven sebentar di suhu sedang

Ketiganya bisa dilakukan dengan catatan tidak dibiarkan terlalu mana bersentuhan dengan panas. Setelahnya aduk-aduk atau pecahkan tepung yang menggumpal. Anda juga bisa mengayak tepung untuk hasil yang lebih sempurna.

Informasi Lainnya